Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Astra Dukung Pendidikan di Pacitan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) menyerahkan lima gedung sekolah dasar negeri hasil renovasi, satu gedung SMP negeri, dan satu rumah pintar di Kecamatan Donorojo, Kabupatan Pacitan, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan.

Pada acara tersebut dilakukan penyerahan sekolah beserta sarana pendukungnya yang diserahkan oleh Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko Santoso kepada Bupati Pacitan Indartato.

Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko Santoso mengatakan bantuan program dari PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR kepada enam sekolah binaan di Pacitan ini sudah dimulai sejak Juni 2012 untuk lima SD negeri, yaitu SDN Kalak 1, SDN Kalak 2, SDN Widoro2, SDN Sendang 1, dan SDN Sendang 3. Kemudian pada November 2012 bantuan juga diberikan kepada sekolah binaan SMPN 2 Donorojo.

Ia menambahkan bahwa sejak bulan Oktober 2013 dilakukan renovasi bangunan sekolah untuk keenam sekolah tersebut dan pembangunan satu rumah pintar di Desa Sekar Donorojo untuk mendukung program yang digalakkan oleh pemerintahan sebelumnya melalui Ibu Ani Yudhoyono bersama organisasi SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu).

"Sumbangsih ini merupakan perwujudan dari filosofi Astra Menjadi Aset yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara serta Corporate Aim Astra: Sejahtera Bersama Bangsa yang dilakukan melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim," katanya dalam rilis pers yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Bantuan yang diberikan kepada sekolah-sekolah binaan tersebut berupa pelatihan dan pembinaan akademis, yaitu pelatihan bagi kepala sekolah, guru, karyawan sekolah agar sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikannya. Pembinaan pembiasaan nilai agar menjadi karakter, yaitu pembiasaan kedisiplinan, kebersihan, hormat (respek), dan daya juang yang didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Pembinaan kecakapan hidup yang nantinya membantu siswa memiliki keterampilan untuk dapat hidup mandiri. Pembinaan unit kesehatan sekolah (UKS) dan perpustakaan, yaitu pembinaan pola hidup sehat dan penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar. Pembinaan seni dan budaya meliputi pelatihan musik dan tari khas budaya setempat agar siswa lebih mengenal budaya daerahnya sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada daerahnya.

Bantuan atau donasi sarana prasarana, yaitu sarana fisik yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) dan sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan. Sedangkan, bantuan untuk Rumah Pintar berupa pelatihan bagi pengelola rumah pintar yang merupakan penduduk setempat dan penyerahan bangunan beserta dengan sarana dan prasarananya.

Pembinaan di rumah pintar ditujukan bagi masyarakat setempat yang meliputi pembinaan di bidang (1) sentra buku untuk meningkatkan kebiasaan membaca masyarakat, (2) sentra bermain dengan anak mengikuti permainan edukatif, (3) sentra audio-visual membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa, memahami karakter dan nilai moral, serta mengoptimalkan potensi kreatifnya, (4) sentra komputer membantu anak menggunakan teknologi informasi, dan (5) sentra kriya untuk memberdayakan masyarakat.

Sampai saat ini YPA-MDR sudah melakukan pembinaan pada 50 sekolah negeri, yaitu 38 SD, 10 SMP, dan 2 SMK yang keseluruhannya mempunyai 10.839 siswa dan 835 pendidik dan tenaga kependidikan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: