Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Upayakan 'Fit and Proper Test' J Trust Selesai November

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui pihaknya telah menerima draf rancangan akuisisi Bank Mutiara dari J Trust Co Ltd. Regulator mengupayakan akan melakukan fit and proper test kepada pemenang tender pembelian saham eks bank Century tersebut sesuai jadwal yang diinginkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Kami akan panggil J Trust setelah data-datanya lengkap. Mereka harus signing terakhir 21 November, kan? Sebelum itu, kami panggil," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Saat ini, lanjut Muliaman, pihaknya tengah meminta data dan informasi terkait J Trust kepada otoritas keuangan Jepang. "Kami sedang mencari data selengkapnya dan kami sedang menunggu data dari OJK sana (Jepang)," tuturnya.

Muliaman mengatakan kelengkapan data itu diperlukan sebagai bahan untuk menguji kelayakan perusahaan asal Jepang tersebut sehingga OJK memiliki banyak pertimbangan. "Ini dilakukan untuk mendapatkan data tambahan sebelum melakukan fit and proper test terhadap pembeli Bank Mutiara," ujar Muliaman.

Muliaman mengatakan uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan OJK terhadap J Trust Co sendiri nantinya tidak akan berbeda dengan standar pengujian yang berlaku saat ini.

"Prosesnya standar saja sih. Kan, aturannya sudah ada, misalnya kesiapan, komitmen, mau diapakan bank ini dan upaya untuk menjaga kualitas nonperfoming loan (NPL)," papar dia.

Sebelumnya, LPS sebagai pemegang saham terbesar juga telah melakukan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menyepakati pembelian tersebut. LPS berharap proses fit and proper test kepada pembeli Bank Mutiara dapat diumumkan sebelum 21 November 2014.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: