Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahun 2018, Ada Dua Ruas Tol Baru di Jakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dua ruas tol dalam kota Jakarta jurusan Semanan-Sunter dan Sunter-Pulogebang sepanjang 29,67 kilometer ditargetkan akan selesai pada 2018 atau bertepatan dengan ajang Asian Games.

"Ketika Asian Games 2018 kata Pak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama, Plt Gubernur DKI Jakarta) harus selesai," kata Kepala Divisi Komunikasi PT Jakarta Toll Development Ngurah Wirawan selaku operator pembangunan tol tersebut saat ditemui usai diskusi bersama Kadin di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Ngurah mengatakan tol tersebut ditargetkan selesai bertepatan dengan Asian Games karena kedua ruas itu akan melewati Kampung Atlet di Kemayoran yang memudahkan akses untuk bertanding. Dia menargetkan bahwa pada Januari 2015 pembebasan tanah yang diperkirakan mencapai 20 hektar akan rampung.

"Cukup luas (pembebasan lahannya) karena banyak simpang susun yang memang harus dibebaskan lahannya juga pintu keluar masuk yang memakan lahan agak lebar," katanya.

Sementara itu, pada Maret-April 2015 ditargetkan desain serta kontraktornya sudah siap.

"Kalau sudah ada gambar dan dana kira-kira bulan Juni tahun depan mulai bisa (mulai dibangun). Asumsinya Januari pembebasan lahan kan cukup enam bulan (dari Januari-Juni)," katanya.

Ngurah mengatakan bahwa dari Pemda DKI Jakarta sudah menyetujui pembangunan tol yang secara keseluruhan (enam ruas tol) menelan biaya Rp 41,1 triliun. Keenam ruas tol yang akan dibangun di atas jalan arteri Jakarta itu dibagi dalam tiga tahap di antaranya tahap pertama 29,67 kilometer terdiri atas ruas Semanan-Sunter yang beroperasi pada 2018 dan Sunter-Pulo Gebang beroperasi 2019.

Tahap kedua sepanjang 22,25 kilometer terdiri atas ruas Duri Pulo-Kampung Melayu dan ruas Kemayoran-Kampung Melayu yang beroperasi pada 2021. Tahap ketiga sepanjang 17,86 kilometer terdiri atas ruas Ulujami, Tanah Abang, dan ruas Pasar Minggu-Kasablanka yang ditargetkan beroperasi 2022. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: