Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Andi Widjajanto: Kementerian Koordinator Maritim Pasti Jadi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan Kementerian Koordinator Kemaritiman pasti bakal ada dalam susunan kabinet yang diumumkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kemenko Maritim jadi," kata Andi Widjajanto kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Ketika ditanyakan oleh wartawan mengapa Kementerian Koordinator Kemaritiman tidak terdapat dalam surat pertimbangan yang diajukan Presiden kepada DPR, Andi menyebutkan bahwa hal itu karena Kemenko Maritim adalah pembentukan baru.

Sebagaimana tercantum dalam UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, surat pertimbangan dapat diajukan kepada DPR terkait dengan pemisahan dan penggabungan antarkementerian.

"Kemenko Maritim itu adalah pembentukan baru sehingga tidak dibutuhkan pertimbangan DPR," jelasnya.

Sebelumnya, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menyatakan Menteri Kelautan dan Perikanan yang akan dipilih dalam kabinet pemerintahan mendatang dinilai harus mampu mengharmonisasikan dan mengoreksi kebijakan agar dapat mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Pascapelantikan, langkah pertama yang dapat dilakukan (menteri kelautan dan perikanan) adalah melakukan harmonisasi dan mengoreksi kebijakan kelautan dan perikanan yang tidak memihak nelayan dan kepentingan bangsa lebih luas," kata Sekjen Kiara Abdul Halim.

Menurut dia, langkah harmonisasi harus diikuti dengan perumusan program yang mampu menyejahterakan pelaku perikanan skala kecil/ tradisional serta menempatkan nelayan, perempuan nelayan, dan petambak sebagai prioritas kebijakan dan politik anggarannya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: