Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lima Tantangan Pemerintahan Jokowi-JK Versi 'Time Magazine'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Joko Widodo dan Jusuf Kalla kini resmi menjadi pemimpin Indonesia sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia . Dalam lima tahun ke depan keduanya akan menghadapi berbagai tantangan di dalam memimpin negara demokrasi terbesar ketiga di dunia itu.

Seperti dikutip Majalah Time, Selasa (21/10/2014), ada lima tantangan berat yang harus dihadapi pemerintahan Jokowi-JK selama lima tahun ke depan.

Pertama adalah kemacetan politik. Dalam hal ini Presiden Joko Widodo akan rentan menghadapi perlawanan dari parlemen yang kini dikuasai oleh koalisi parpol di luar pemerintahan (oposisi). Sebetulnya, kekhawatiran akan terjadi gesekan antara pemerintah dan parlemen sudah terjadi pada saat perebutan kursi pimpinan DPR dan MPR yang pada akhirnya dimenangkan koalisi oposisi.

Tantangan kedua ialah perlambatan ekonomi. Dengan melemahnya harga komoditas, pertumbuhan tahunan 6% baru-baru ini di Indonesia terlihat lebih sulit untuk mempertahankan. Dalam hal ini Jokowi menjanjikan pertumbuhan 7% hingga akhir tahun 2018 . Hal ini bisa dicapai dengan meningkatkan logistik dan menjadikan Indonesia sebagai pusat transportasi global.

Tantangan ketiga adalah ekstremisme agama. Kelompok ekstremis yang dengan mengatasnamakan agama ini masih menjadi 'teror' dan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia ke depannya sehingga perlu mendapat perhatian serius dari Jokowi-JK.

Tantangan keempat adalah persoalan birokrasi. Seperti diketahui, Jokowi memenangkan pilpres karena dikenal sebagai figur yang antikorupsi baik saat menjadi Wali Kota Solo maupun Gubernur Jakarta. Saat menjadi gubernur, Jokowi mampu membenahi sekaligus melakukan perombakan birokrasi pemerintahan DKI Jakarta di setiap lini.

Namun, saat sudah menjadi presiden dapatkah Jokowi menerapkan prinsip transparansi di negara yang terkenal dengan korupsi dan inefisiensi birokrasi di setiap tingkat pemerintahan?

Tantangan kelima adalah hubungan etnis. Dalam hal ini Presiden Jokowi harus mempertahankan harmoni yang luar biasa mengingat keragaman penduduk Indonesia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: