Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fujitsu Luncurkan Fujitsu Healthcare Solutions

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Fujitsu memperkenalkan sistem layanan dan teknologi layanan kesehatan berbasis TIK untuk pasar Indonesia, yaitu Fujitsu Healthcare Solutions.

Solusi tersebut fokus pada penyediaan perawatan kesehatan yang aman, layanan yang lebih baik untuk pasien, serta operasional rumah sakit yang lebih efisien. Dengan kemampuan mengoptimalisasikan layanan kesehatan itu maka Fujitsu telah menghadirkan manfaat yang lebih besar tidak hanya bagi penyedia layanan kesehatan, namun juga bagi masyarakat di Indonesia secara umum.

Managing Director Fujitsu Indonesia Achmad S Sofwan mengatakan Fujitsu telah menyediakan teknologi layanan kesehatan serta bekerja sama dengan berbagai klien di bidang layanan kesehatan di Asia selama lebih dari 38 tahun. Ia menambahkan bahwa berdasarkan rekam jejak yang terbukti ini, Fujitsu terus mendukung kemajuan teknologi dalam layanan kesehatan di Indonesia.

"Kami percaya bahwa melalui penerapan pelayanan kesehatan canggih di Indonesia dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi mutakhir dari Fujitsu, semua orang di setiap wilayah negara ini akan memiliki akses yang sama kepada layanan kesehatan yang berkualitas, aman, dan profesional. Hal ini sejalan dengan visi Fujitsu mewujudkan human centric intelligent society," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Solusi layanan kesehatan Fujitsu Healthcare Solutions mencakup sebuah sistem informasi rumah sakit, telemedicine (pertukaran informasi kesehatan), aplikasi perangkat bergerak untuk optimalisasi layanan, virtualisasi klien & server, hingga biosimulasi serta catatan medis elektronik (EMR) berbasis cloud yang telah disesuaikan dengan perubahan demografi serta tren terbaru di industri layanan kesehatan di Indonesia.

Dengan solusi-solusi tersebut, Fujitsu memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang dapat memengaruhi mutu layanan kesehatan, misalnya akibat hambatan geografis di daerah-daerah yang terpencil.

Warga di daerah di daerah terpencil yang akses kepada layanan kesehatan bermutu tinggi sangat terbatas kini dapat berkomunikasi dan memperoleh layanan kesehatan langsung dari tenaga medis professional yang berada di tempat lain tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Sistem EMR dan pertukaran informasi kesehatan dari Fujitsu ini juga menawarkan sejumlah inovasi layanan. Dengan solusi ini maka data riwayat kesehatan dari tiap-tiap pasien akan disimpan di sebuah basis data terpusat yang terhubung dan dapat diakses oleh sejumlah penyedia layanan kesehatan yang berbeda.

Solusi ini menjamin keselamatan pasien karena data medis yang sama dapat diakses oleh tenaga medis profesional yang berbeda sebagai dasar dalam memberikan layanan kesehatan yang diperlukan pasien tersebut. Solusi ini juga sangat membantu bagi pasien dengan mobilitas tinggi sehingga mereka dapat memperoleh layanan kesehatan yang memadai di berbagai rumah sakit yang berbeda tanpa ada kekhawatiran akan memperoleh diagnosis yang keliru.

Sementara itu, Head of Application Services Fujitsu Indonesia Made Sudharma mengatakan bahwa sebagai sebuah organisasi global yang responsif terhadap dinamika pasar lokal, Fujitsu menggabungkan berbagai kemampuan dan keahliannya dalam membawa perubahan bisnis ke arah yang lebih baik untuk meningkatkan manfaat yang dapat diterima oleh penyedia layanan kesehatan.

"Dengan pemahaman Fujitsu yang mendalam terhadap berbagai kebutuhan unik di sektor ini, kami menghadirkan suatu pengalaman layanan kesehatan secara menyeluruh dengan dukungan teknologi terdepan yang kami miliki. Berkat keahlian kami di bidang desain dan manufaktur produk serta dalam integrasi aplikasi dan sistem, kami mampu menghadirkan solusi yang dirancang khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik individual maupun lintas sektor," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: