Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG Peringatkan Wisatawan Waspadai Gelombang Pasang di Bangka Belitung

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau pengunjung pantai agar mewaspadai gelombang pasang air laut di perairan Babel yang diperkirakan akan mencapai ketinggian 2,20 meter pada Senin (27/10/2014).

"Berdasarkan pantauan BMKG, gelombang pasang tersebut berpotensi terjadi di Kabupaten Belitung dengan kecepatan angin mencapai 25 kilometer per jam dari timur menuju selatan," kata Staf Koordinator Unit Analisa BMKG Pangkalpinang, Deas Achamad Rivai, Minggu (26/10/2014).

Ia mengatakan, Kecepatan angin diperairan tersebut relatif kencang sehingga memicu gelombang dan pasang air laut yang semakin meninggi. Pihaknya mengimbau agar pengunjung pantai tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena dengan ketinggian pasang laut ini sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan.

"Bagi masyarakat yang berkunjung ke pantai diharapkan tidak mandi atau berenang di pantai mengingat kondisi pasang air laut yang tinggi bisa membahayakan keselamatan,"ujarnya.

Ia menambahkan, ketinggian pasang air laut di perairan Babel lainnya yakni kabupaten Bangka mencapai 2,07 meter, Belinyu 1,41 meter dan Kabupaten Bangka Selatan 1,97 meter. Selanjutnya, Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian pasang air laut mencapai 1,57 meter dan Kabupaten Belitung Timur 1,82 meter.

Sementara itu, kata Rivai, kondisi sebagian daratan Babel berpotensi turunnya hujan namun masih dalam intensitas ringan.

"Potensi hujan diprakirakan akan terjadi di Kabupaten Bangka, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang, sedangkan empat kabupaten lainnya yakni Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah dan Bangka Selatan kondisi cuaca hanya berawan dan tidak berpeluang hujan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: