Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Tantangan Menkeu Baru Versi BI

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro akan menghadapi sejumlah tantangan di antaranya terkait masalah twin deficit (defisit kembar), yaitu defisit transaksi berjalan dan defisit fiskal.

"Kami melihat ada sejumlah tantangan yang perlu dihadapi antara lain twin deficit, defisit transaksi berjalan, dan defisit fiskal," kata Agus di Jakarta, Senin (27/10/2014).

Agus mengatakan pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan perlu merespons neraca transaksi berjalan yang telah mengalami defisit selama kurang lebih selama 10 triwulan serta masalah fiskal terutama terkait turunnya penerimaan pajak.

"Ini perlu disikapi. Salah satunya terkait kondisi repatriasi keuntungan agar tidak lari keluar negeri. Penyikapan fiskal dilakukan agar investor menaruh uangnya di dalam negeri. Tantangan lainnya terkait defisit neraca pendapatan dan jasa," katanya.

Selain itu, lanjut Agus, penyikapan lainnya terkait kondisi fiskal yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah masalah kebijakan subsidi energi agar dapat lebih tepat sasaran dan implementasinya tidak lagi membebani anggaran negara.

"Dalam APBN 2015 total subsidi energi mencapai Rp 340 triliun dan itu akan sangat baik seandainya subsidi produk diubah kepada pihak yang membutuhkan. Ini memang sudah dibicarakan antara pemerintah dengan Bank Indonesia," kata Agus. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: