Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Selenggarakan Pasar Asuransi Mikro

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), pada hari Kamis ini (30/10/2014) menyelenggarakan acara Pasar Asuransi Mikro Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program pengembangan asuransi mikro yang telah menjadi komitmen OJK dan ketiga asosiasi dimaksud sebagai upaya meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah terhadap produk asuransi," ujar Direktur Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah OJK Moch. Muchlasin dalam acara Pasar Asuransi Mikro di IPB International Convention Center di Gedung Botani Square, Bogor.

Dia mengatakan rendahnya tingkat penggunaan produk asuransi oleh masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah, sangat dipengaruhi oleh ketersediaan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan segmen masyarakat tersebut dan tingkat pemahaman masyarakat mengenai asuransi.

"Oleh karena itu, sejak tahun 2013 OJK dan pelaku usaha perasuransian melakukan pengembangan asuransi mikro. Upaya yang difokuskan adalah mendorong ketersediaan produk asuransi mikro yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat berpenghasilan rendah dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk asuransi," jelas Muchlasin.

Dirinya berharap bahwa melalui asuransi mikro ini maka sebagian masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah tidak lagi berpandangan bahwa produk asuransi itu sulit dimengerti, susah diperoleh, mahal, dan hanya untuk kalangan masyarakat menengah atas.

"Karakteristik produk asuransi mikro ini sederhana, mudah, ekonomis, dan segera (SMES)," pungkasnya.

Selain melakukan talk show mengenai asuransi mikro, pada kesempatan ini OJK bersama asosiasi perasuransian juga meluncurkan produk standar asuransi mikro dan pameran produk asuransi mikro. Hadir dalam acara tersebut adalah LKM, koperasi, komunitas, dan BMT dari berbagai daerah di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: