Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Patung Arjuna Wijaya Dipercantik, OCBC NISP Keluarakan Dana Rp4,5 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Setelah satu dekade berpartisipsi dalam pembuatan dan perawatan Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda) kini Bank OCBC NISP kembali melanjutkan terlibatanya dalam pemugaran air mancur dan patung Kuda yang berdiri megah di Bundaran Bank Indonesia, di Jl. Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Patung Arjuna Wijaya digambarkan dengan 14 ekor kuda yang berlari kencang menarik kereta  kencana di mana Arjuna berdiri gagah menghunus busur panah. Patung yang dibuat oleh seniman patung ternama Nyoman Nuarta diera Presiden Soeharto (1987) ini awalnya hanya dibangun dengan bahan fiberglass. “Karena ketiadaan dana untuk membangunya, sehingga Ide yang lahir di era Presiden Soeharto ini hanya menggunakan fiberglass,” ujar Arie Bastaman, perwakilan dari PT Siluet Nyoman Nuarta pembuat patung Arjuna Wijaya

Ari menceritakan, di tahun 2004, perusahaan Swasta, Bank OCBC NISP mengabil inisiatif untuk mensponsori pembangunan patung Arjuna Wijaya, “Jadi melalui keterlibatan Bank OCBC NISP mimpi untuk memiliki sebuah patung yang sarat dengan filosofi pejuang (kebenaran) ini dan menjadi icon kota Jakarta akhirnya menjadi terealisasi. Bahan fiberglass yang semula digunakan yang memiliki banyak keterbatasan diganti dengan bahan tembaga yang kokoh dan tahan lama, dengan tembaga, konsep gerak kuda yang berlari kencang dapat diujudkan dengan bentuk transparan, mentuk yang telah menjadi trademark Nyoman Nuarta” ujar Ari.

Pemugaran patung Arjuna Wijaya ini diperkirakan akan selesai pada minggu ke tiga Desember 2014. Sementara Keterlibatan Bank OCNC NISP dalam pengelolaanya akan berlangsung selama tiga tahun kedepan dan dapat diperpanjang. Dana yang dikucurkan OCBC NISP sebesar RP 4,5 miliar. “Ini sebagai salah satu bukti komitmen dan dukungan kami terhadap salah satu benda seni kebudayaan serta peduli kepada lingkungan,” ujar  Rama P. Kusumaputra Direktur Bank OCBC NISP, saat meninjau pekerjaan pemugaran, Rabu, (29/20/2014) yang dihadiri juga oleh Kepada Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta, Nandar Sunandar

“Menjadi kebanggaan bagi Bank OCBC NISP dapat mempersembahkan  karya seni yang berkualitas dan bernilai tinggi karya seniman terkenal Bapak Nyoman Nuarta. Kami berharap dengan adanya penataan kembali ini dapat memperindah taman kota sekaligus menjadikan patung Arjuna Wijaya sebagai ornamen kebanggaan warga Jakarta sekaligus memberikan nilai lebih dalam menarik wisatawan,” tutur Rama.

sementara itu, Nandar Sunandar mengungkapkan harapannya pengelolaan taman seperti di Patung Arjuna Wijaya dapat juga dilakukan dan diikuti oleh pihak swasta lainnya untuk berpartisipasi terhadap taman-taman lain yang ada di provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: