Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Resmikan Produk Standar Asuransi Mikro, Bos OJK Mainkan Angklung

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani, Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI) sekaligus Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim, Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Ahmad Fauzie Darwis, dan Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Adi Pramana, resmi meluncurkan tujuh produk standar asuransi mikro dalam acara Pasar Asuransi Mikro Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung di IPB International Convention Center, Bogor, tersebut mereka secara serentak bermain angklung. Alat musik tradisional khas Jawa Barat ini menjadi tanda simbolis bahwa produk standar asuransi mikro telah resmi diluncurkan.

Muliaman mengatakan produk ini preminya tidak besar, terjangkau, dan harus sesuai kebutuhan masyarakat. Hal ini karena asuransi mikro memang didesain untuk masyarakat menengah bawah yang kebanyakan belum memiliki perlindungan asuransi.

"Premi tidak besar dan pembiayaan pertanggungannya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, OJK bersama industri membangun kompetensinya agar produknya semakin efisien efektif dan mengena," jelasnya saat ditemui dalam acara tersebut, Kamis (30/10/2014).

Adapun produk standar asuransi mikro yang dibuat oleh AAUI adalah Asuransi Mikro Warisanku, Rumahku, Stop Usaha Erupsi, Stop Usaha Gempa Bumi, dan Asuransiku. Sementara yang dibuat AAJI adalah Asuransi Mikro Penuh Cinta (Si Peci). Kemudian dari AASI adalah asuransi mikro syariah Si Bijak.

Firdaus Djaelani menjelaskan alasan dibuatnya produk standar asuransi mikro ini karena sebagian perusahaan asuransi merasa kesulitan dalam menciptakan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kendala perusahaan adalah sulit mendesain produk yang sesuai kebutuhan masyarakat menengah bawah. Untuk itu, kita bersama asosiasi merumuskan dan meluncurkan produk standar asuransi mikro," ucap Firdaus saat ditemui pada acara yang sama.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: