Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga BBM akan Naik, Menteri ESDM: Tidak Perlu Antre di SPBU

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri ESDM Sudirman Said mengimbau masyarakat tidak perlu mengantre untuk mengisi BBM di SPBU kalau pemerintah sudah memutuskan kenaikan harga bahan bakar tersebut.

"Tidak perlu antre berjam-jam cuma untuk beberapa liter. Benefitnya tidak banyak," katanya di Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Ia juga mengatakan masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan stok BBM. "Tenang saja. Stok BBM cukup di seluruh Indonesia," tukasnya.

Sesuai laporan yang diterimanya, Pertamina sudah mengecek persiapan-persiapan yang diperlukan di pusat pasokan dan distribusi mengantisipasi kenaikan harga BBM. Namun, lanjutnya, sampai saat ini pemerintah belum memutuskan waktu dan besaran kenaikan harga BBM.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan menaikkan harga BBM sebelum 1 Januari 2015. Ia mengatakan semua kalangan sudah meyakini kenaikan harga BBM memang tidak terelakkan.

"Apakah bisa ditunda? Saya rasa tidak," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir anggaran subsidi terutama BBM sudah mencapai Rp 1.300 triliun. Sementara itu, pengeluaran kesejahteraan rakyat dalam lima tahun hanya Rp 600 triliun dan kalau ditambah infrastruktur Rp 500 triliun berarti total Rp 1.100 triliun.

"Bayangkan, akibat subsidi pada produk yang tidak tepat sasaran maka masyarakat terutama (rakyat) kecil terkorbankan," ujarnya.

Menurut dia, dengan dana Rp 1.000 triliun maka bisa membangun infrastruktur seperti rumah sakit, sekolah, irigasi, jalan tol, pelabuhan, kilang, dan pipa gas. Kenaikan harga BBM juga akan menekan penyelewengan karena disparitas harga makin mengecil.

"Selanjutnya, bagaimana membangun kemandirian energi termasuk pengembangan energi terbarukan," tuturnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: