Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tidak Ada Lagi Uang Tunai di Koridor Satu Transjakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Humas PT Transjakarta Sri Ulina mengatakan pengguna tiket elektronik (e-ticketing) di koridor satu (1) Transjakarta dengan rute Blok M-Kota sudah mencapai 100 persen.

"Selain koridor satu, masih ada 13 halte utama lainnya yang penerapan tiket elektoniknya telah mencapai 100 persen," katanya di Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Menurut Sri, ke 13 halte utama tersebut di antaranya halte PGC 1, PGC 2, Pulo Gadung 1, dan Kampung Melayu yang di halte-halte tersebut dalam sehari sekitar 330-350 ribu masyarakat telah menggunakan kartu elektronik. "Pada 13 Desember nanti diharapkan semua koridor sudah menggunakannya tiket elektronik tersebut," ujarnya.

Dia menuturkan sistem tiket pada halte Transjakarta sejak 2013 menggunakan kartu elektronik sebagai pengganti uang tunai. Operator koridor tidak menerbitkan kartu tersebut, melainkan menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank.

Bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRizzi), Bank Central Asia (Flazz), Bank Negara Indonesia (BNI Prepaid, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), serta Bank DKI (JakCard).

"Kartu tersebut dapat dibeli di bank penyedia kartu prabayar dan loket pada beberapa halte Transjakarta. Pengisian saldo dapat dilakukan di ATM, bank-bank terkait, dan loket halte," katanya lagi.

Dia menambahkan pengguna kartu elektronik tidak perlu mengantre di loket halte dan cukup dengan tap-in di pintu masuk halte (barrier) lalu masuk ke dalam halte. "Apabila saldo habis maka saat tap-in pintu barrier tidak dapat diputar dan pengguna kartu dapat mengisi ulang di loket halte," katanya.

Sebelumnya, pengguna Transjakarta yang belum memiliki kartu tetap membeli tiket di loket halte kemudian diberi tiket kertas yang akan disobek oleh petugas barrier yang kemudian akan melakukan tap-in kartu khusus yang dipegang oleh petugas tersebut. Semua pengguna Transjakarta yang akan keluar halte tidak melakukan tap-in lagi, cukup dengan melewati barrier keluar halte. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: