Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Bali Percepat Upaya Pengentasan Kemiskinan

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali bertekad untuk mempercepat upaya mengentaskan orang miskin, meskipun saat ini angkanya terus menurun, yakni 3,94 persen dari jumlah penduduk Pulau Dewata sebanyak 4,1 juta jiwa.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya dan terobosan guna mengentaskan masalah kemiskinan, namun terhambat oleh dana yang terbatas. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan mengetuk hati pelaku perbankan untuk ikut berperan serta dalam program pengentasan orang miskin di Pulau Dewata.

Ia menyampaikan permasalahan mendasar sekarang di Bali adalah kemiskinan. Kondisi masyarakat Bali sebagian hidup dengan gemerincing dolar, sedangkan di bagian lain masih banyak hidup serba kekurangan.

"Di tengah gemerincing dolar masih banyak masyarakat Bali yang hidup dalam kemiskinan. Jangankan beras, air saja mereka tidak punya. Apalagi, untuk tidur di tempat yang layak," ujar Gubernur Pastika.

Ia mengajak direksi perbankan dan BUMN menyisihkan sebagian kecil dari penghasilannya untuk mengentaskan kemiskinan agar cepat bisa dituntaskan. Di Bali ada lebih dari 20 ribu orang kaya maka akan sangat mudah kalau mereka ikut membantu masyarakat miskin yang sekarang tinggal tersisa sekitar 10 ribu KK.

"Yang sangat menghantui pikiran saya selama ini memikirkan kondisi mereka di mana di sini saya hidup dengan kondisi yang sangat-sangat layak, bahkan berlebih. Sedangkan, rakyat saya di sana hidup dengan kondisi yang sangat miskin. Minum saja sudah kurang karena mereka hanya mampu membeli air satu ember air dengan harga Rp 1.000," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: