Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nielsen: Kepercayaan Diri Konsumen Indonesia Naik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perusahaan global riset dan penyedia informasi mengenai konsumen, Nielsen, menyatakan kepercayaan diri konsumen Indonesia mencapai skor 125 pada kuartal III 2014 atau meningkat dua poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Peningkatan tersebut membuat Indonesia berada di urutan kedua negara paling optimistis di dunia dalam indeks kepercayaan diri konsumen setelah India yang mencapai skor 126.

"Pola optimisme konsumen yang kita lihat sebelumnya menjelang masa pemilu kembali terlihat di mana indeks kepercayaan diri konsumen meningkat dua poin pada kuartal ketiga ini," kata Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin di Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Dia mengatakan kegiatan pemilihan umum menjadi sentimen positif yang mendorong kepercayaan diri konsumen akan adanya perbaikan ekonomi pada kuartal II 2014.

"Sejak pemilu konsumen kita lebih confidence bisa disebut juga percaya diri pada pemerintah yang baru," katanya.

Agus juga mengatakan indeks kepercayaan diri konsumen Indonesia selalu di atas skor 120 yang berarti sangat optimis.

"Tahun ini perkiraannya kita ada di skor 123. Kepercayaan diri konsumen kita konsisten tumbuh di atas lima persen selama 10 tahun terakhir. Ini tentu sangat baik," ujarnya.

Secara global, Agus menjelaskan bahwa meski India masih di urutan teratas dalam survei, tetapi negara itu mengalami penurunan dua poin dibandingkan kuartal sebelumnya. Menyusul India dan Indonesia, Filipina bertengger di posisi ketiga dengan skor 115. Selanjutnya Thailand yang berada di posisi keempat memperlihatkan peningkatan tertinggi dengan kenaikan delapan poin menjadi 113.

"Naiknya drastis, bahkan menyalip Tiongkok. Kelihatannya berkaitan dengan turbulensi politik di sana. Tapi, mungkin masyarakat di sana lebih percaya diri atas terjadinya gejolak," katanya.

Singapura, berada di posisi ketujuh dengan skor 103, Vietnam di posisi sembilan dengan 102, dan Malaysia di posisi 10 dengan skor 99. Adapun secara global, tingkat kepercayaan diri konsumen stabil di level 98.

The Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions menyurvei kepercayaan diri, kekhawatiran utama, dan keinginan berbelanja konsumen dengan akses internet di 60 negara yang mencakup hampir seluruh benua. Khusus di Indonesia, Nielsen menyurvei 502 responden yang terdiri atas 63 laki-laki dan 37 persen perempuan berusia di atas 15 tahun. Survei digelar pada 13 Agustus-5 September 2014.

Indeks kepercayaan diri konsumen di atas dan di bawah angka standar 100 mengindikasikan tingkat optimisme dan pesimisme. Optimisme tersebut diyakini mampu menjadi penopang pertumbuhan ekonomi yang tentunya akan menarik investor lokal dan asing untuk berinvestasi. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: