Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wirausaha Tergabung Komunitas TDA Siap Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wirausaha yang tergabung dalam komunitas Tangan Di Atas (TDA) menyatakan kesiapannya menghadapi era perdagangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015.

"Kami menggelar Pesta Wirausaha Nasional dan Wilayah bertemakan 'Indonesia Juara MEA' yang dilaksanakan di 15 kota di Indonesia untuk menghadapi perdagangan bebas," kata Direktur Pesta Wirausaha 2015 Mustofa Romdloni kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/11/2014).

Kegiatan dimulai di Bekasi pada 15 November 2014, selanjutnya di Lampung, Batam, Mataram, Surabaya, Depok, Samarinda, Jambi, Bali, Tangerang, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, PW Mahasiswa di Yogjakarta dan terakhir adalah acara puncak Pesta Wirausaha Nasional yang akan dilaksanakan pada 3-5 April 2015 di TMII, Jakarta Timur.

Mustofa menjelaskan, dalam ajang ini TDA menghadirkan calon-calon pengusaha masa depan yang visioner, tangguh, berjiwa social tinggi dan cinta pada bangsa ini sehingga Indonesia akan lebih siap dalam menghadapi MEA 2015.

"Bukan suatu ketidakmungkinan Indonesia menjadi juara MEA,karena kita negara besar, kita bersatu padu, dan kita mencintai bangsa ini," ujar Mustofa.

Menurut dia, MEA merupakan salah satu dampak globalisasi yakni pembentukan pasar tunggal didaerah Asia Tenggara. MEA harus dipandang positif sebagai peluang untuk membuka arus perdagangan, jasa bahkan tenaga kerja untuk negara-negara yang masuk dalam kawasan Asia Tenggara.

"Kami optimistis menghadapi perdagangan bebas justru mengalami mobilisasi antar negara yang lebih mudah, pertukaran tenaga kerja yang lebih andal pun takkan mungkin terelakkan," katanya.

Sementara itu, Andi Syarif dari Nurbaya Initiative mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 50 juta UKM di Indonesia, namun hanya 0,4 persen dari UKM tersebut yang terkoneksi internet. Padahal, keberadaan internet sangat membantu dalam pengembangan bisnis di era globalisasi.

"Transaksi bisnis dari internet tahun ini diperkirakan Rp50 triliun dan tahun depan potensinya lebih dari Rp100 triliun. Ini peluang yang sangat besar yang harus direbut. Obsesi saya adalah mendorong UKM going online, dan bergabungnya saya dengan TDA ini merupakan langkah yang tepat," katanya.

TDA merupakan komunitas bisnis yang saat ini mempunyai wilayah perwakilan di 55 kota di seluruh pelosok Indonesia dan 3 negara di luar Indonesia, dengan anggota sebanyak 2.000 wirausahawan.

Misi TDA adalah adalah menciptakan 10.000 pengusaha miliarder hingga 2018. Ajang pesta wirausahawan ini diharapkan dapat diikuti 5.000 entrepreneur, 250 stand expo dan 15.000 pengunjung. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: