Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI: Inflasi Triwulan III Tetap Terjaga

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan laju inflasi pada triwulan III 2014 tetap terjaga dan berada dalam tren yang menurun sehingga mendukung prospek pencapaian sasaran inflasi 2014, yakni 4,5±1%.

"Inflasi triwulan III 2014 tercatat 4,53% (yoy), menurun dibandingkan 6,70% (yoy) pada triwulan sebelumnya. Inflasi yang tetap terjaga tersebut didukung oleh inflasi inti dan volatile food yang terkendali," ucap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara saat memberikan keterangan persnya di Gedung BI, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Terkendalinya inflasi inti, menurut Tirta, didukung oleh penurunan harga komoditas global, permintaan yang moderat, dan ekspektasi inflasi yang terjaga. Sementara itu, inflasi volatile food juga tercatat relatif rendah seiring dengan tercukupinya pasokan pangan.

"Namun sebaliknya, inflasi administered prices meningkat terutama didorong oleh kenaikan TTL RT dan LPG 12 kg. Inflasi yang terkendali berlanjut pada bulan Oktober 2014, meskipun mencatat kenaikan menjadi 4,83% (yoy)," imbuhnya.

Untuk terus menjaga laju inflasi, BI akan terus mencermati berbagai risiko inflasi, khususnya rencana penyesuaian harga BBM bersubsidi yang terindikasi pada meningkatnya ekpektasi inflasi.

"Menghadapi hal tersebut, BI akan menempuh sejumlah kebijakan untuk memastikan dampak kenaikan BBM terhadap inflasi tetap terkendali dan temporer, termasuk dengan memperkuat koordinasi pengendalian inflasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah," jelas Tirta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: