Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkes Promosikan Gaya Hidup Sehat Cegah Diabetes

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Kesehatan mempromosikan gaya hidup sehat untuk mencegah diabetes dengan menggelar acara "Fun Run" di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu, sekaligus untuk memperingati bulan kepedulian diabetes yang diperingati pada setiap tanggal 14 November.

"Kami mengambil momentum bulan kepedulian diabetes ini untuk mempromosikan gaya hidup sehat, terutama edukasi pencegahan diabetes karena kurangnya kesadaran diabetes dalam masyarakat," kata Kasubdit Pengendalian Diabetes dan Penyakit Metabolik Kemenkes Dyah Mustikawati di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan kepedulian untuk pencegahan diabetes harus ditingkatkan karena Indonesia memiliki sekitar 8,7 juta penderita diabetes pada 2013 atau peringkat tujuh penderita diabetes di dunia.

"Diabetes berkontribusi pada meningkatnya masalah kebutaan, amputasi serta gagal ginjal. Berdasarkan data WHO, diabetes menyebabkan 4,9 juta kematian per tahun atau satu penderita diabetes meninggal setiap tujuh detik," katanya.

Ia menjelaskan diabetes terbagi menjadi dua tipe, yakni diabetes tipe 1 atau kronis saat pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau hormon pengendali kadar gula dalam darah.

Selanjutnya adalah tipe 2 atau saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Tipe 2 ini, katanya, diderita 90 persen penderita diabetes di Indonesia.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat mulai menjalankan gaya hidup sehat dengan makan seimbang, mengurangi konsumsi karbohidrat, lemak dan gula, tidak merokok serta olahraga secara rutin.

Diabetes Melitus adalah penyakit menahun yang ditandai kadar gula/glukosa darah yang melebihi nilai normal 80 sampai 144 mg/dL. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: