Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jakarta Siapkan Konsep 'Smart Tourism'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan konsep "smart tourism" yang akan menggabungkan semua 'stake holder' sektor pariwisata untuk mempermudah wisatawan berkunjung.

"Nanti semua kegiatan dan informasi budaya serta pariwisata di Jakarta, akan ditampilkan secara jelas melalui website," kata Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiarti kepada sejumlah wartawan dari 9 kota di Indonesia, di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, ke depannya, selain mendapat informasi kegiatan di Jakarta, publik juga dapat mengetahui dan memesan akomodasi pendukung seperti tiket pesawat dan hotel.

"Karena melibatkan banyak pihak, jadi butuh waktu menyiapkannya," katanya.

Ia mengakui, upaya tersebut merupakan salah satu bagian dari revolusi mental sesuai yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Tahun lalu, tercatat ada sekitar dua juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jakarta. Sedangkan wisatawan domestik, berkisar 12 juta orang.

Ia mengungkapkan, kenaikan kunjungan rata-rata 10 persen sampai 15 persen per tahun.

Jumlah wisatawan yang berkunjung sempat turun ketika sejumlah maskapai membuka penerbangan langsung dari luar negeri ke kota tujuan wisata lainnya di Indonesia.

Misalnya ketika dibuka rute dari Kuala Lumpur ke Bandung. Wisatawan asal Malaysia memilih ke Bandung karena menjadi pusat fashion.

"Tapi itu awal-awal saja. Sekarang sudah kembali normal karena Jakarta memberikan semua," kata Tinia.

Upaya lain untuk menggandeng wisatawan ke Jakarta seperti dengan menggelar berbagai kegiatan. "Paket wisata yang murah, ajang musik internasional, dan lainnya," kata dia.

Terkait kemacetan yang kerap menjadi momok Jakarta, Pemprov DKI melakukan pengaturan lalu lintas serta membangun transportasi massal seperti MRT. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: