Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apindo: MEA Dorong Asing Belajar Bahasa Ind0nesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan pekerja dan calon pekerja di ASEAN khususnya Myanmar dan Filipina, antusias belajar Bahasa Indonesia untuk persiapan bekerja di Indonesia memanfaatkan era Masyarakat Ekonomi ASEAN mulai tahun depan.

"Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) bukan hanya membuat perdagangan dan investasi semakin terbuka, tetapi juga keterbukaan terhadap pekerja dan itu perlu dicermati khususnya pekerja," kata Sekretaris Apindo Sumut Laksamana Adiyaksa di Medan, Minggu (16/11/2014).

Seperti halnya dalam perdagangan, terbukanya lapangan pekerjaan akan berdampak positif dan negatif.

Negatifnya adalah pekerja asing itu menjadi ancaman bagi pekerja dalam negeri.

Semakin terancam, karena pekerja asing itu seperti Myanmar selain upahnya lebih rendah tetapi keahlian atau profesional kerjanya lebih tinggi dari pekerja Indonesia.

"Jadi para pekerja harus menyiapkan diri agar bisa tetap memenangkan persaingan," katanya.

Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 Sumut Bambang Hermanto mengakui adanya ancaman itu sehingga pihaknya sudah mewanti-wanti pekerja anggotanya untuk meningkatkan kinerja.

"Pekerja harus bisa lebih profesional, kreatif, menjunjung etika dan termasuk meningkatkan loyalitas dengan perusahaan," katanya.

Apalagi di sisi lain, ancaman pemutusan hubungan kerja juga semakin besar kalau nyatanya pengusaha Sumut tidak kuat bersaing dengan produk sama yang dihasilkan negara lain. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: