Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

CIMB Niaga Berikan Edukasi Keuangan pada Pelajar Jakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melaksanakan kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) 2014 di Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan edukasi di bidang perbankan kepada sekitar 900 pelajar dari enam sekolah dasar (SD), yakni SD Bina Gita Gemilang, SD Starfish, SD Santo Yakobus, SD Negeri 01 Karet Tengsin, SD Bunda Hati Kudus, dan SD Kristen Tunas Bangsa Gading Serpong.

Direktur Compliance, Corporate Affairs, & Legal CIMB Niaga L Wulan Tumbelaka mengatakan bahwa sebagai program yang dirancang untuk mendukung gerakan nasional literasi keuangan (financial literacy), AMDB diisi dengan sejumlah aktivitas yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anak menabung sejak dini dan berbagi dengan sesama.

Menurut Wulan, sejak diluncurkan pada 2011 hingga akhir 2013 AMDB telah berhasil untuk menjangkau lebih dari 11.200 siswa di 67 SD dan 11 kota di Indonesia.

"Kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar dan memahami dengan baik keberadaan dan fungsi perbankan sehingga dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Ia mengatakan aktivitas yang dilaksanakan dalam AMDB adalah Kit for Kids, video games run banking run, dan mini banking role play. Kegiatan Kit for Kids, lanjut Wulan, adalah aksi penanaman pohon dengan media kaleng sebagai simbol pentingnya menabung atau berinvestasi.

Kemudian permainan video games run banking run adalah permainan anak-anak yang harus mendapatkan koin sebanyak-banyaknya. Dalam permainan ini setiap bertemu dengan kantor cabang CIMB Niaga mereka wajib menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu perbankan.

Adapun kegiatan terakhir dalam AMDB adalah mini banking role play di mana anak-anak diarahkan untuk berperan sebagai petugas bank seperti teller, customer service, maupun guest relationship officer.

"Tujuannya supaya anak-anak mulai mengenal salah satu bidang pekerjaan yang akan mereka geluti kelak, yakni perbankan," tutur Wulan.

Kegiatan AMDB di enam SD di Jakarta dan sekitarnya dirangkai dengan pengoperasian 14 unit Kas Mobil CIMB Niaga dan 20 unit Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK) oleh CIMB Niaga di 14 area, yaitu Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, Makassar, Pekanbaru, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Samarinda, Banjarmasin, dan Manado.

Seperti diketahui, SiMOLEK yang diresmikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 4 Februari 2014 adalah mobil khusus yang disiapkan dan dioperasikan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai literasi keuangan serta mendorong minat masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa keuangan.

Dijelaskan Wulan, mobil SiMOLEK dilengkapi dengan peralatan video literasi untuk memenuhi kebutuhan penyampaian materi edukasi. Selain itu, tersedia juga materi-materi edukasi baik dari OJK maupun CIMB Niaga seperti majalah edukasi, buku seri literasi keuangan, banner, dan brosur.

Petugas edukasi siap membantu dan memberikan informasi kepada masyarakat yang mengunjungi mobil SiMOLEK, khususnya para siswa yang ambil bagian dalam AMDB kali ini.

"Upaya kami untuk terus mendukung pengoperasian SiMOLEK diharapkan dapat meningkatkan literasi dan penggunaan produk-produk dan layanan perbankan oleh masyarakat Indonesia yang relatif masih perlu ditingkatkan. Keterlibatan para siswa peserta AMDB ini merupakan langkah positif untuk mempercepat tujuan dimaksud,"tutup Wulan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: