Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Faktor Penentu Kesuksesan Berwirausaha

Warta Ekonomi -

WE Online, Yogyakarta - Praktisi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Sandhya Yuddha mengatakan perilaku atau sikap seseorang menjadi faktor penentu upaya meraih kesuksesan dalam berwirausaha maupun berkarier.

"Perilaku saat ini merupakan prediksi seperti apa hidup seseorang di masa depan," kata Head of Strategic Management Office and Head of Human Resources and Organization Development Division PT KMI Wire and Cable Tbk Sandhya Yuddha di Yogyakarta, Senin (17/11/2014).

Ia mengatakan apabila seseorang memiliki sikap positif tentu akan mempermudah dalam mencapai kesukesan. Sebaliknya, kesuksesan akan sulit diraih jika seseorang memiliki sikap yang kurang baik.

"Perilaku menjadi prediksi ke depan hidup seseorang akan seperti apa. Kalau sekarang saja suka bangun siang dan bermalas-malasan tentu susah untuk bisa sukses ke depan," katanya.

Menurut dia, ada empat hal untuk menggapai keberhasilan dalam berkarier dan berwirausaha, yakni mengasah kemampuan berpikir, kemampuan mengelola diri pribadi, mengelola pekerjaan dengan bekerja secara profesional, dan mengelola orang dengan meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial dan membangun jejaring kerja.

"Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan dalam bidang teknologi informasi," kata alumnus Fakultas Hukum UGM itu.

Sementara itu, Merry Claudia Djimin dari LinkedIn mengatakan situs jejaring sosial kini banyak dimanfaatkan para pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Fenomena itu sangat berbeda dengan beberapa tahun terakhir di mana para pencari kerja masih mencari informasi lowongan kerja melalui iklan di media konvensional seperti surat kabar.

Bahkan, banyak perusahaan yang juga memanfaatkan berbagai media sosial untuk mendapatkan karyawan sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan.

"Manfaatkan media sosial untuk promosikan kemampuan dan keahlian diri karena saat ini tidak sedikit perusahaan yang mencari karyawan melalui situs jejaring sosial," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: