Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Sedih Indonesia Masih Impor Pangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk bersama-sama mengurangi ketergantungan pada impor pangan dari negara lain dan mulai mengembangkan produksi pangan dalam negeri.

"Kita negara agraris, tapi semua impor, beras, jagung, kedelai, gandum, garam, sayur, dan buah. Komoditas apa yang kita tidak impor? Saya sedih," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Presiden mengatakan bahwa dalam jangka waktu tiga sampai empat tahun mendatang Indonesia harus mencapai swasambada pangan antara lain beras, jagung, dan kedelai.

"Saya yakin insyaallah bisa. Irigasi rusak kita 52 persen. Kita sudah 15 tahun tidak bangun irigasi, tahun depan ada 11 waduk dibangun. Jangan bicara pertanian, air dari mana selain masalah pupuk dan benih," katanya.

Presiden Jokowi menegaskan kebiasaan impor akan mendorong malas untuk meningkatkan produksi pangan. "Bagaimana kalau suatu negara yang kita impor stoknya habis," katanya.

Selain meningkatkan produksi pangan, ia juga menegaskan perlunya mempersiapkan sistem penyerapan produksi pangan.

"Buah juga sama, petani kita jagoan menanam. Setelah panen siapa yang beli? Misalnya, pernah di Boyolali menanam pepaya, produksinya banyak, tidak ada yang beli, tidak diserap pasar karena industrinya tidak disiapkan, Nantinya kalau disuruh (menanam) pasti tidak mau lagi," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyinggung upaya mencari energi terbarukan yang belum optimal hingga saat ini.

"Hydro (air-red) angin belum kita gunakan, masih banyak sekali. Belum lagi biofuel dan lainnya yang belum dikerjakan dengan baik," tegasnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: