Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siapkan Siswa SMK Terampil, KTSM Honda Hadir di Papua

Warta Ekonomi -

WE Online, Kaimana - Upaya PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menyiapkan generasi muda terampil di bidang teknik kendaraan bermotor terus berlanjut. Kali ini bersama Astra Motor Jayapura, main dealer Honda wilayah Papua dan Papua Barat, AHM memperluas implementasi kurikulum teknik sepeda motor (KTSM) Honda di dua sekolah menengah kejuruan (SMK) di Papua, yaitu SMK Negeri 1 Sentani dan SMK Negeri 2 Kaimana.

Deputi Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan program KTSM Honda ini merupakan upaya nyata perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang teknik otomotif roda dua yang merupakan bisnis utama perusahaan. Ia menambahkan KTSM Honda saat ini sudah tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK.

"Penambahan SMK yang mengajarkan KTSM Honda di tanah Papua ini semakin menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung SMK melahirkan siswa-siswa terampil agar siap bersaing mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri kendaraan roda dua. Komitmen ini diwujudkan tak hanya di kota-kota besar, namun hingga penjuru negeri dari ujung barat Indonesia, Aceh, hingga ujung timur Indonesia, Papua," katanya dalam rilis pers yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Ia menjelaskan bahwa sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM secara aktif telah memulai program KTSM Honda ini sejak 2009. Program ini dilaksanakan dengan menyusun silabus khusus yang bisa diimplementasikan di tingkat SMK dan dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik berupa alat praktik dan laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih.

"Sejalan dengan semangat Satu Hati, kami ingin dapat berpartisipasi mengantarkan generasi muda Papua mewujudkan mimpi mereka di dunia otomotif dengan membekali mereka pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi sepeda motor Honda. Kami yakin program KTSM Honda ini bermanfaat untuk masa depan mereka. Komitmen ini akan terus kami gulirkan ke berbagai penjuru negeri," tegasnya. 

Ahmad memastikan AHM selalu berusaha untuk memperbarui program KTSM Honda ini dengan teknologi terkini yang ada di pasar motor nasional, seperti saat ini ketika konsumen masuk ke era injeksi. 

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Sentani Budi Riyanto mengatakan animo generasi muda di Papua untuk masuk ke jurusan teknik sepeda motor sangat besar. Namun, untuk memaksimalkan pengajaran maka pihaknya membatasi hanya membuka dua kelas dengan jumlah masing-masing 30 siswa.

"Kami berterima kasih kepada AHM dan Astra Motor Jayapura telah bersedia berbagi pengetahuan dan teknologi kepada guru dan siswa sekolah kami. Kami yakin ini akan bermanfaat bagi proses belajar-mengajar di sekolah kami," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: