Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indeks Obligasi 'Indonesia Bond Indexes' Resmi Diluncurkan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) meluncurkan indeks obligasi yang bernama Indonesia Bond Indexes atau Indobex.

Direktur Utama IBPA Ignatius Girendroheru mengatakan Indobex dibagi dalam tiga jenis dengan masing-masing jenisnya terdiri dari lima tipe perhitungan indeks.

"Secara keseluruhan Indobex itu terdiri dari 15 seri indeks," katanya di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Adapun tiga jenis Indobex tersebut yaitu Indobex Composite, Indobex Government, dan Indobex Corporate. Sementara lima tipe perhitungan indeks seperti total return (TR), clean price (CP), gross price (GP), effective yield (EY), dan gross yield unit redemption (GY).

Menurut Ignatius, indeks obligasi tersebut nantinya akan mengukur kinerja dan tren pergerakan pasar obligasi Indonesia. Hal ini melihat keberadaan indeks surat utang atau obligasi di Indonesia yang masih minim baik dari segi eksistensinya, variasinya, maupun penggunaannya.

"Layaknya indeks saham, indeks obligasi secara ideal dihitung secara objektif dengan menggunakan metodologi dan sumber data yang transparan dan realiable," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan sifat perdagangan obligasi yang OTC (over the counter) di mana tingkat likuiditas pasar dan transparan harga masih rendah menjadikan pengukuran kinerja dan tren pergerakan pasar obligasi sulit dilakukan.

"Indobex merupakan indeks obligasi pertama di Indonesia yang diterbitkan dengan menggunakan data wajar dan yield yang diterbitkan secara harian oleh lembaga penilaian harga efek IBPA atas instrumen surat utang negara dan korporasi dalam mata uang rupiah yang tercatat di BEI," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: