Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Tak Kapok Beli Bus Buatan Tiongkok

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya membeli 100 unit bus asal Tiongkok bermerek Foton. Pembelian itu dilakukan bersama pihak swasta yang juga merupakan operator, yakni PT Prima Lestari. Satu unit bus telah didatangkan sebagai contoh guna menilai kelayakan bus.

Sebelumnya, pembelian bus asal negeri tirai bambu itu banyak menuai kritik sebab banyak bus mengalami karatan. Tidak hanya itu, kasus ini juga telah menjadikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono sebagai tersangka atas proyek pengadaan bus Transjakarta asal Tiongkok.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat ini justru bersikap melunak atas pembelian 100 bus asal Tiongkok tersebut. "Kalau dia (perusahaan asal Tiongkok) bisa menjamin servisnya ya tidak masalah," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Ahok menjamin bahwa meski berasal dari Tiongkok, tetapi bus bermerek Foton itu banyak digunakan di negara maju. Selain itu, Ahok beralasan dirinya ingin membeli bus tersebut karena merek tersebut akan dimasukkan ke dalam e-catalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

"Kemarin saya bilang pas mereka tawari (bus), 'kasih gue satu bus dulu dong buat buktiin kalau barang elu memang bagus'. Kalau dikasih gratis, kita tidak boleh suudzon (berpuruk sangka) dong. Foton itu merek bagus loh. Bus (Foton) sudah berapa juta unit beroperasi di Beijing," tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: