Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemkot Bekasi Gandeng PDAM DKI Jakarta Pasok Saringan Sampah

Warta Ekonomi -

WE Online, Bekasi-Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum Provinsi DKI Jakarta (PAM Jaya) untuk memasok kebutuhan saringan sampah di Kali Bekasi.

"Selama ini Kali Bekasi telah memasok kebutuhan air baku PAM Jaya sebesar 40 persen. Jadi wajar kalau kita akan libatkan mereka dalam pengadaan saringan sampah ini," kata Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dadang Hidayat di Bekasi, Sabtu (22/11/2014).

Menurutnya, saringan berupa jaring pengaman itu akan dipasang pada bagian hulu Kali Bekasi yang berada di Cileungsi Kabupaten Bogor atau di lokasi yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Bogor, tepatnya di Kelurahan Bojongmenteng, Kecamatan Rawalumbu.

"Dengan demikian sampah tidak perlu melintas di Kali Bekasi yang masuk wilayah Kota Bekasi," katanya.

Namun rencana itu terbentur oleh mahalnya biaya pengadaan saringan tersebut yang harus dialokasikan oleh anggaran daerah.

"Katanya harga saringan tersebut mahal. Tapi kita bisa kolaborasikan dengan PAM Jaya," ujarnya.

Menurut Dadang, kondisi Kali Bekasi saat ini jauh berbeda dengan tahun 1970-an silam, di mana airnya masih jernih hingga bisa memandang ke dasar permukaan.

"Namun sekarang airnya sudah keruh dan kondisi seperti ini tetap sama seperti lima tahun sebelumnya. Itu berarti tidak ada perubahan, sehingga inovasi harus dilakukan. Inisiatifnya ialah pemasangan saringan tersebut," tuturnya.

Menurut dia, alokasi anggaran untuk pemasangan saringan ini diperkirakan mencapai Rp500 juta.

Dia menargetkan program tersebut bisa segera rampung pada 2015 mendatang.

"Mudah-mudahan komunikasi kami dengan pihak terkait berjalan lancar dan saringan tersebut bisa segera dioperasikan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: