Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Din Syamsuddin Minta Presiden Jokowi Akui Kemerdekaan Kosovo

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mendorong agar pemerintahan Joko Widodo segera mengakui kemerdekaan negara Kosovo, sebagaimana sudah dilakukan negara-negara lain seperti Amerika Serikat dan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Kami mendorong agar pemerintahan yang baru sekarang mengakui kemerdekaan Kosovo," kata Din di Jakarta, Sabtu (22/11/2014).

Menurut dia, kini adalah saat yang tepat bagi Indonesia lewat Jokowi untuk mengakui Kosovo. "Setelah Yugoslavia pecah, Indonesia belum kunjung akui Kosovo. Di sana ada sekitar tiga juta penduduk dengan 96 persennya adalah etnik Albania beragama Muslim," kata dia.

Dia melihat Jokowi memiliki pandangan yang berbeda dalam menjalankan politik luar negerinya yang bebas aktif.

"Pemerintahan sebelumnya SBY menerapkan asas 'million friends, zero enemy' (sejuta teman, nol musuh). Saya pikir pemerintahan yang sekarang harus melakukan terobosan yang berbeda dan lebih serius dalam hal Kosovo ini," kata dia.

Din mengatakan, Muhammadiyah sendiri memberikan dukungan kepada Kosovo untuk merdeka mengingat mereka adalah saudara sesama Muslim yang layak mendapatkan kebebasan mendirikan negara sendiri atau lepas dari Serbia.

Lebih lanjut, Din mengatakan pihaknya bersedia memfasilitasi hal itu jika pemerintah berkenan. Dengan begitu, Kosovo dapat merdeka. Melalui berbagai akses, masih kata Din, Muhammadiyah akan terus merealisasikannya termasuk berbicara dengan sejumlah pembuat kebijakan dan para pemangku kepentingan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: