Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perbankan akan Sulit Galang Dana Masyarakat pada 2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Pekanbaru - Pengamat ekonomi dan perbankan Riau, Dr Viator Butar Butar berpendapat, pada tahun 2015 perbankan akan lebih susah menggalang dana masyarakat karena adanya tekanan inflasi.

"Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadi penurunan nilai uang dalam negeri," kata Viator dalam keteranganya di Pekanbaru, Minggu (23/11/2014).

Pendapat demikian disampaikannya terkait prospek dan tantangan perbankan tahun 2015, khususnya bidang pendanaan tidak akan lebih baik atau akan sama di banding 2014.

Dengan kondisi demikian, persaingan bank dalam mendapatkan dana, diyakini memang akan kembali terjadi perang suku bunga. Menurut dia, kendati ada tekanan inflasi namun salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh perbankan adalah dengan menaikkan suku bunga sebagai insentif menabung di bank.

"Namun demikian, akan ada kemungkinan perbankan khususnya bank-bank kecil akan menetapkan suku bunga simpanan berkisar 1-2 persen di atas BI rate dan harga pasar," katanya.

Berdasarkan data, BI Rate adalah suku bunga kebijakan yang mencerminkan sikap atau stance kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia dan diumumkan kepada publik.

BI Rate sendiri diumumkan oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia setiap Rapat Dewan Gubernur bulanan dan diimplementasikan pada operasi moneter yang dilakukan Bank Indonesia melalui pengelolaan likuiditas (liquidity management) di pasar uang untuk mencapai sasaran operasional kebijakan moneter.

Sasaran operasional kebijakan moneter dicerminkan pada perkembangan suku bunga Pasar Uang AntarBank Overnight (PUAB O/N). Pergerakan di suku bunga PUAB ini diharapkan akan diikuti oleh perkembangan di suku bunga deposito, dan pada gilirannya suku bunga kredit perbankan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: