Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengelolaan yang Buruk Buat Potensi Sumber Daya Air RI Tidak Maksimal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Potensi sumber daya air Indonesia sangat besar. Bahkan, dengan potensi sumber daya airnya, Indonesia menempati peringkat kelima dunia. Namun sayang, pemanfaatan dan pengelolaannya belum dilakukan secara optimal.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mudjiadi saat menghadiri acara Indonesia Water Learning Week (IWLW) di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (24/11/2014).

"Tercatat potensi sumber daya air sebesar 3.900 miliar meter kubik (m³) per tahun yang tersebar. Dari potensi tersebut, sebesar 17,7% dapat diandalkan utuk digunakan karena berdasarkan data, 80% dari waktu debit aliran tersebut berada di badan air dan hanya sebanyak 23,3% dari debit andalan tersebut yang telah digunakan dan sisanya sebesar 75% masih kita buang mengalir ke laut," kata Mudjiadi.

Oleh karena itu, menurutnya, perlu dilakukan optimalisasi distribusi sumber daya air secara parsial maupun temporer. Lebih lanjut, ia mengatakan ada dua tantangan besar di dalam bidang sumber daya air, yaitu pertama adanya konflik kepentingan ruang antara manusia dan air.

Kedua adanya pengelolaan yang belum terintegrasi secara baik akibat ego sektoral yang kuat, terfragmentasi, dan hanya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi sesaat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: