Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sterilisasi Sepeda Motor, Pemprov DKI Sediakan 11 Gedung untuk Parkir

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mulai mengujicobakan aturan sterilisasi sepeda motor di Jalan Merdeka Barat hingga Jalan MH Tharmrin pada 17 Desember 2014. Nantinya, Pemprov DKI akan menerapkan penuh zona bebas motor di jalan protokol itu pada bulan Februari 2015.

Untuk menyiapkan langkah tersebut, Pemprov DKI kini tengah menyelesaikan perjanjian dengan pengelola 11 gedung yang berada di antara dua jalur utama tersebut. Tujuannya untuk menyediakan lahan parkir bagi para pengendara sepeda motor.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Benjamin Bukit menyebut kesebelas gedung itu di antaranya, Gedung Jaya, Gedung Bank Dagang Negara (BDN), Jakarta Theatre, Sarinah, Gedung BII, Gedung Oil, Plaza Permata, Gedung Kosgoro, Hotel Nikko/Wisma Nusantara, Grand Indonesia, dan The City Tower.

"Silakan gunakan fasilitas parkir di 11 tempat itu dan gunakan bus tingkat gratis untuk melintasi Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat," kata Benjamin saat dihubungi di Jakarta, Senin (24/11/2014).

Benjamin memperkirakan kesebelas gedung itu bakal mampu menampung sepeda motor dengan jumlah yang banyak. Selain itu, Dishub DKI juga akan mengoptimalkan penggunaan Lapangan Eks IRTI Monas dan lahan parkir pusat perbelanjaan Carrefour Harmoni untuk menampung sepeda motor.

"Ke-11 tempat itu bisa menampung 9.318 mobil dan 5.128 unit sepeda motor," imbuhnya.

Sebelumnya, wacana pelarangan sepeda motor untuk melintas di kedua jalan protokol itu mulai bergulir pada awal bulan November 2014. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan peraturan itu diberlakukan selain untuk mengurangi jumlah kendaraan yang menyebabkan kemacetan juga untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang sering kali melibatkan pengguna sepeda motor.

Nantinya, Pemprov DKI menyediakan tempat parkir di lapangan eks IRTI Monas dan gedung-gedung yang berada di sekitar kedua jalan itu bagi sepeda motor yang terbiasa melintas. Sedangkan, para pengendara akan didorong untuk menggunakan fasilitas bus tingkat gratis yang akan melintasi kedua jalan tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: