Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei: Kepercayaan Bisnis Global Turun ke Terendah Lima Tahun

Warta Ekonomi -

WE Online, London - Kepercayaan bisnis global jatuh ke tingkat terendah dalam lima tahun pada Oktober, menandai penurunan tajam dalam optimisme, Survei Prospek Bisnis Global Markit menunjukkan pada Senin (24/11/2014).

Rencana perekrutan pekerja dan investasi juga berada pada atau dekat posisi terendah pasca krisis keuangan, sementara ekspektasi harga semakin memburuk, kata Markit.

"Awan berkumpul di atas prospek ekonomi global, menghadirkan gambar gelap terlihat sejak krisis keuangan global," kata Chris Williamson, kepala ekonom di Markit.

"Keinginan merekrut pekerja dan investasi perusahaan-perusahaan keduanya jatuh ke posisi terendah pasca krisis, bersama prospek suram masa depan untuk kegiatan bisnis yang terlihat selama lima tahun terakhir," kata Williamson.

Laporan itu mengatakan penurunan optimisme di kalangan perusahaan-perusahaan karena meningkatnya daftar faktor-faktor.

Ancaman utama meliputi kekhawatiran iklim ekonomi global yang memburuk, penurunan baru di zona euro, prospek kenaikan suku bunga di negara-negara seperti Inggris dan Amerika Serikat pada tahun depan dan risiko geopolitik yang berasal dari krisis di Ukraina dan Timur Tengah, kata Markit.

"Di empat pasar negara berkembang BRIC, optimisme bisnis telah tenggelam ke posisi terendah yang terlihat sejak krisis keuangan," tambah Williamson.

Survei Prospek Bisnis Global didasarkan pada survei terhadap sekitar 11.000 perusahaan manufaktur dan jasa yang diminta untuk memberikan pemikiran mereka tentang masa depan kondisi bisnis. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: