Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Astra Gelar SATU Indonesia Awards, Prijono Sugiarto: Saya Malu

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta – PT Astra Internasional Tbk. (Astra) kembali akan menggelar  Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, sebuah apresiasi untuk para generasi muda Indonesia yang tahun ini memasuki tahun kelima dan disebutkan sebagai yang terbesar. Pasalnya penganugrahan yang akan digelar pada  26  November 2014 di Planary  Hall Jakarta Convention Center Jakarta ini setidaknya akan digabung menjadi tiga acara sekaligus, selain Awarding SATU Indonesia Awards, juga akan dilakukan peluncuran buku 40 tahun CSR Astra Melangkah Maju Bersama Indonesia, serta konser karya emas Guruh Soekarnoputra dengan tema Salute to Guruh Soekarnoputra bersama Erwin Gutawa Orkestra.

Sebelum perlehatan tersebut diselenggrakan, Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk berkesempatan mengadakan CEO Sharing dengan seluruh pemenang atau alumni dan finalis SATU Indonesia Awards mulai dari tahun pertama di Kantor Pusat Astra, Selasa (24/11/2014)

Pada  kesempatan itu Priyono banyak menyinggung bagai mana pentingnya peranan generasi muda terhadap pembangunan Indonesia, seperti saat ia menyinggung akan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Bangsa kita itu pintar dana hebat, tidak kalah dengan bangsa  manapun. Kalau satu lawan satu saya yakin bangsa kita menang. Tapi sayangnya orang-rang kita yang pintar dan hebat itu jumlahnya sedikit sementara bangsa lain jumlahnya banyak, jadi gimana kita mau menang?” uacapnya.

“Astra ini merupakan aset nasional yang dibangun oleh pendirinya Williem Soeryadjaja, walau saat ini saham Astra sudah dimiliki umum bahkan dari berbagai Negara, namun semangat dan budaya tetap kami pertahankan. Saya tegaskan siapapun pengendali saham Astra, yang memimpin Astra harus orang Indonesia. Kita tidak boleh lupa dengan asal kita, jangan kacang lupa sama kulit, itu bahaya,” kata Prijono.

Ketika menyinggung penyelenggaraan SATU Indonesia Awards priyono mulai kelihatan makin serius.  Ia menjelaskan  bahwa dalam perjalan  bisnis, Astra akan meluaskan kiprahnya lebih peduli kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan butir pertama filosofi Astra yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

“Kalau melihat  kiprah para pesarta SATU Indonesia Awards, saya merasa malu, kalian anak muda yang hebat, punya semangat dan aksi nyata, tidak seperti saya. Dahulu saat saya seusia kalian saya tidak berbuat apa-apa, tidak ada kegiatan seperti yang kalian lakukan,” ujar Prijo sambil tersenyum-senyum. Lalu ia melanjutkan "Namun bagaimanapun keadaan kita, kita harus punya mimpi dan kita harus kejar mimpi kita, dan yang penting apa yang kita lakukan haruslah sustainability atau berkelanjutan."

SATU Indonesia Awards merupakan apresiasi yang diberikan Astra kepada individu generasi muda yang berusia maksimal 35 tahun  yang berkarya dan meberikan manfaat berkesinambungan minimal selama dua tahun bagi masyarkat sekitarnya dalam bidang ; pendidikan, lingkungan, usaha kecil dan menegah, kesehatan dan teknologi.

Peserta yang mengikuti ajang satu… meningkat 1.427 persen bila dibanding saat pertama kali diadakan tahun 2010 yang berjumlah 120 orang, kemudian 2011 meningkat menjadi 492 orang, pada 2012 bertambah menjadi 1.088 orang, 2013 naik menjadi 1.606 peserta dan tahun ini menjadi 1.833 orang peserta.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: