Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Kunci Keberhasilan Transformasi Ekonomi Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Di tengah ketidakpastian ekonomi dan pasar global saat ini bangsa Indonesia menghadapi tantangan untuk membawa perubahan ekonomi menjadi kuat secara finansial, berkelanjutan, dan berkeadilan sosial.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Sofyan Djalil menjelaskan tantangan ke depan tidaklah mudah mengingat kondisi ekonomi dunia yang sedang melesu, tetapi kunci kemajuan sebuah negara adalah menggulirkan kebijakan yang tepat guna (good policy) secara konsisten.

Ia menambahkan kebijakan fiskal perlu diarahkan untuk dapat membuka lapangan kerja, membangun infrastruktur, dan mendorong investasi untuk pembangunan. Kebijakan di sektor riil seperti penyediaan listrik di daerah juga perlu diarahkan agar lebih optimal.

"Oleh karena itu, tantangannya sekarang adalah menciptakan iklim kemudahan untuk melakukan bisnis di seluruh Indonesia dan saya yakin kami (pemerintah baru) dapat menepati apa yang telah kami janjikan," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Sementara itu, ekonom DBS Group Research Gundy Cahyadi mengatakan momentum emas bagi Indonesia adalah dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun ini karena waktu tersebut merupakan saat yang tepat untuk reformasi kebijakan struktural ekonomi yang dapat membawa perubahan positif secara jangka panjang.

"Bagi kami yang penting adalah melihat implementasi kebijakan pemerintah secara bertahap, namun konsisten," ungkapnya.

Kemudian Head of Research di DBS Vickers Indonesia Maynard Arief mengatakan konsistensi menjadi faktor penting yang mempengaruhi pasar modal.

"Selain faktor eksternal dan dinamika ekonomi global, naik-turunnya bursa saham juga sangat dipengaruhi oleh sentimen pasar. Oleh karena itu, eksekusi dan konsistensi dalam implementasi harus dijaga untuk mempertahankan momentum yang baik," tegasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: