Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov DKI Siapkan Pergub Pembebasan Lahan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mempersiapkan peraturan gubernur (pergub) pembebasan lahan terkait proyek pembangunan sodetan Sungai Ciliwung.

"Saat ini Dinas Pekerjaan Umum bekerja sama dengan Biro Hukum sedang mempersiapkan pergub pembebasan lahan," kata Kepala Dinas PU DKI Agus Priyono di Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Menurut dia, hampir di dalam setiap proyek pembangunan Pemprov DKI kerap kali menghadapi kendala yang berkaitan dengan pembebasan lahan sehingga diperlukan sebuah peraturan.

"Oleh karena itu, pergub tersebut diharapkan dapat menjadi acuan sekaligus payung hukum bagi pelaksanaan pembangunan sodetan Ciliwung," ujar Agus.

Meskipun demikian, dia belum dapat memastikan kapan pergub tersebut siap untuk diterbitkan, kecuali mengharapkan penyusunannya dapat lebih dipercepat. "Kalau pergubnya bisa segera dikeluarkan maka pembebasan lahan akan semakin cepat kita lakukan dan pengerjaan pembuatan sodetan Ciliwung bisa berjalan lancar," tutur Agus.

Sodetan Ciliwung merupakan proyek yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane dan Kementerian Perumahan Rakyat). Sodetan terdapat di Sungai Ciliwung yang membentang dari belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jalan Otto Iskandar Dinata hingga ke KBT di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.

Dalam proyek tersebut Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab membebaskan lahan dan memberikan ganti rugi kepada masyarakat. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: