Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI: Realisasi Kredit UMKM Lambat

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara menyatakan realisasi penyaluran kredit kepada kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) oleh perbankan di Provinsi Sulut pada triwulan III-2014 mengalami perlambatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Laju pertumbuhan kredit kepada UMKM di Sulawesi Utara juga mengalami perlambatan pada triwulan III/2014," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut Dudung C Setyadi di Manado, Rabu (26/11/2014).

Pada triwulan III-2014 kredit UMKM tercatat Rp 6,9 triliun atau tumbuh 9,17 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang mencatat pertumbuhan 9,77 persen (yoy). Dia menjelaskan penyaluran terbanyak tetap pada usaha menengah yang mencapai Rp 3,06 triliun atau tumbuh 0,62 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat Rp 3,04 triliun.

"Pertumbuhan di usaha menengah memang kecil, namun secara nominal paling besar dibandingkan usaha mikro dan kecil," katanya.

Usaha kecil, kata Luctor, mencapai Rp 2,44 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2,17 triliun atau naik 12,45 persen. Ia menjelaskan bahwa untuk usaha mikro mendapat porsi Rp 1,38 triliun atau tumbuh 26,89 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,09 triliun.

Dia menjelaskan Sulut menjadi prioritas bagi perkembangan UMKM. Setiap tahun jumlah UMKM di Sulut mengalami peningkatan rata-rata di atas 30 persen. Semakin berkembangnya kegiatan unit UMKM di Sulut, katanya, menunjukkan daerah itu relatif sangat baik dan menarik bagi dunia bisnis serta investasi.

"Bahkan, dalam tahun-tahun ke depan perkembangan usaha di Sulut sangat prospektif, terutama di Kota Manado, Bitung, dan Tomohon yang ternyata UMKM-nya mengalami pertumbuhan signifikan," ujarnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: