Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Usulkan Sarwo Handayani Jadi Wagub, Megawati Cengengesan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Usai dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih menyisakan satu tugas lagi, yakni mengusulkan nama wakil gubernur (wagub) kepada pemerintah. Berdasarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 disebutkan bahwa gubernur mempunyai waktu 15 hari untuk mengusulkan nama wagub ke presiden melalui menteri dalam negeri.

Ahok mengatakan ia sudah mengusulkan nama Deputi Tata Ruang dan Lingkungan Pemprov DKI Sarwo Handayani sebagai calon wagub ke pentolan salah satu partai pengusungnya, yakni Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Saya mengajukan profesional ke Bu Mega. Saya sih sudah usulkan beberapa kali. Ibu Sarwo Handayani yang lebih cepat kerja, lebih mengerti. Kita sudah tinggal tiga tahun. (Tanggapan dia) senyam-senyum saja," kata Ahok saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Sementara itu, menanggapi munculnya nama Boy Sadikin yang santer diberitakan akan menjadi wagub, Ahok menandaskan partai politik bisa saja mengusulkan nama calon wagub. Tetapi, menurut dia, sesuai perppu hanya gubernur yang boleh menentukan wagub. "Ya kan partai boleh saja merestui, tapi kan yang menentukan wagub hanya gubernur sesuai perppu," imbuh Ahok.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan pendamping Basuki untuk memimpin DKI berasal dari PDI Perjuangan. "Satu paket, Partai Gerindra dengan PDI Perjuangan," katanya.

Tjahjo mengaku tahu soal keputusan itu setelah bertemu dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Sekjen PDI-P itu pun memastikan kandidat yang diusulkan adalah Boy Sadikin.

"Saya bertemu Ibu Mega dan bertanya, 'Siapa Bu (wakil gubernur DKI)?' (Dijawab Mega), 'Ya, Boy Sadikin'," pungkas Menteri Tjahjo.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: