Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangun Dua Pembangkit Listrik, AKR Corporindo Anggarkan Dana US$ 1,5 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) akan melakukan pembangunan dua pembangkit listrik di Gresik. Rencananya, pembangunan tersebut akan dilaksanakan pada tahun depan.

Direktur Utama AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo mengatakan perseroan akan membangun pembangkit listrik berkapasitas 2x309 megawatt (MW) berbahan dasar batu bara dan berbahan dasar gas bumi.

"Kami proyeksikan pembangunan memakan waktu selama tiga tahun sehingga kira-kira itu selesai di tahun 2018," ujarnya di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Dengan adanya tambahan dua pembangkit listrik tersebut, perseroan akan memiliki tambahan pendapatan dari bisnis penjualan listrik kepada tenant di wilayah kawasan industri milik perseroan. Menurut Haryanto, untuk membangun dua pembangkit listrik tersebut, perseroan menganggarkan dana investasi sebesar US$ 1,5 miliar.

"Investasinya kalau kita pakai material dari Jerman akan lebih besar. Untuk dua pembangkit listrik sekitar US$ 1,5 miliar," katanya.

Lebih lanjut, Haryanto menyebutkan bahwa saat ini perseroan tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan lokal dan asing.

Sebelumnya, perseroan berencana akan menggandeng perusahaan asal Thailand untuk mendukung rencananya tersebut. Kemudian perseroan siap membentuk perusahaan patungan atau joint venture di mana porsi kepemilikan mayoritasnya dikuasai oleh AKR Corporindo. "Saat ini kami sedang mencari partner untuk melakukan pembangunan itu," tuturnya.

Aksi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di proyek Java Integrated Industrial Port & Estate (JIIPE) milik AKR. Tidak tanggung-tanggung, alokasi dana yang disiapkan distributor BBM ini ditaksir mencapai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 18,25 triliun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: