Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Adira Insurance Sukses Gelar IRSA 2014

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Untuk kedua kalinya, Adira Insurance bersama SWA sukses menggelar penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014. IRSA sendiri merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya yang khususnya ditujukan bagi pemerintah daerah setingkat kota dan kabupaten. IRSA kali ini diikuti oleh 55 kota dan kabupaten di Indonesia.

Direktur Utama Adira Insurance Indra Baruna mengatakan IRSA tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena ada penerapan metode yang berbeda dan lebih baik, yaitu partisipatif dan rekomendasi yang dimaksudkan untuk semakin memperluas jangkauan dan peluang keikutsertaan pemerintah daerah di Indonesia secara aktif.

"Dengan metode ini penghargaan IRSA menjadi semakin kompetitif dan bergengsi serta menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk mengukur kesuksesan penerapan tata kelola keselamatan jalan di kotanya," kata Indra pada acara penghargaan IRSA 2014 di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Meski begitu, lanjut dia, untuk penilaian terhadap kota dan kabupaten terbaik dalam hal road safety management, penilaian tetap berdasarkan lima pilar road safety yang diterapkan WHO.

Lima pilar tersebut adalah pilar (1) manajemen keselamatan jalan atau safer management, (2) jalan yang berkeselamatan atau safer road, (3) kendaraan yang berkeselamatan atau safer vehicle, (4) perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan atau safer user, dan (5) penanganan pra dan pascakecelakaan atau postcrash response.

"Selain itu, penghargaan ini dibagi dalam tiga kategori, yakni kategori kota kecil (penduduk di bawah 500 ribu), kategori kota besar (penduduk antara 500 ribu-1 juta), dan kategori kota metropolitan (penduduk di atas 1 juta)," paparnya.

Indra berharap bahwa melalui IRSA ini pemerintah daerah dapat membuktikan keseriusannya dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan raya.

"Kami berharap penghargaan IRSA menjadi pemacu semangat pemerintah daerah untuk senantiasa memperlihatkan keseriusannya dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan raya yang harus dipatuhi secara sadar oleh seluruh elemen masyarakat. Kami percaya sinergi kepedulian dua arah antara pemerintah dan masyarakat akan turut berkontribusi dalam menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya," ungkapnya.

Berikut ini adalah kota dan kabupaten yang berhasil dalam menerima penghargaan IRSA 2014, yaitu

Juara Umum Kota Metropolitan: Kota Tangerang
Juara Pilar 1: Kabupaten Sleman
Juara Pilar 2: Kota Tangerang
Juara Pilar 3: Kota Tangerang
Juara Pilar 4: Kota Tangerang
Juara Pilar 5: Kota Bekasi

Juara Umum Kota Besar: Kota Balikpapan
Juara Pilar 1: Kota Balikpapan
Juara Pilar 2: Kota Balikpapan
Juara Pilar 3: Kota Balikpapan
Juara Pilar 4: Kota Balikpapan
Juara Pilar 5: Kota Balikpapan

Juara Umum Kota Sedang: Kota Probolinggo
Juara Pilar 1: Kota Probolinggo
Juara Pilar 2: Kota Probolinggo
Juara Pilar 3: Kota Probolinggo
Juara Pilar 4: Kota Yogyakarta
Juara Pilar 5: Kota Yogyakarta

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: