Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap-siap, Januari 2015 Jakarta akan Banjir Besar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari 2015, meski selama November dan Desember 2014 curah hujan sudah tinggi.

"Puncak curah hujan tinggi diprakirakan terjadi pada Januari 2015, tapi selama November dan Desember juga sudah tinggi," kata Kepala Bidang Informasi Iklim BMKG Evi Lutfiati di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Evi mengatakan musim hujan mulai terjadi pada November 2014. Pada awal November 2014, kata dia, curah hujan di wilayah DKI Jakarta antara 0 hingga 30 mm. Sedangkan, pada curah hujan di wilayah Bogor, Bekasi, dan Banten berada di atas 30 mm.

Selanjutnya, pada akhir November curah hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi berada di atas 50 mm, sedangkan curah hujan di wilayah Jakarta dan Banten bagian utara berkisar 10 hingga 30 mm. Sementara prakiraan curah hujan pada Desember untuk seluruh wilayah Indonesia sangat deras antara 300 hingga 400 mm.

"Termasuk selama Januari juga sangat tinggi karena memang sudah memasuki puncak musim hujan," ucapnya.

Evi menambahkan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya puncak musim hujan di wilayah DKI Jakarta kerap memunculkan bencana banjir. Karena itu, kesiapsiagaan masyarakat untuk memasuki musim hujan perlu ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta Danang Susanto mengatakan bahwa untuk mengantisipasi banjir akhir tahun maka pihaknya meningkatkan kapasitas para relawan dan kader bencana.

"Kami meningkatkan kesiapsiagaan para kader dan relawan untuk mengantisipasi ancaman banjir akhir tahun mulai dari koordinasi hingga kesiapan logistik," tuturnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: