Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lima Juta Buruh Siap Demo Pemerintahan Jokowi-JK

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Sebanyak tiga konfederasi besar buruh Indonesia bersama elemen buruh lainnya berencana akan melakukan mogok nasional menuntut revisi upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK) dan penolakan kenaikkan harga BBM bersubsidi.

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir mengatakan aksi mogok nasional akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 10 dan 11 Desember 2014 di lokasi strategis nasional oleh KSBSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), bersama elemen buruh lainnya.

"Aksi akan dilakukan di 20 provinsi, 150 kota/kabupaten, dengan jumlah sekitar lima juta buruh," katanya di Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Ia mengatakan aksi mogok nasional tidak hanya dilakukan tiga konfederasi buruh dan elemen buruh lainnya, namun juga akan diperluas kembali ke jaringan lainnya dengan pergerakan mahasiswa dan LSM agar bersama-sama bergerak demi mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya buruh.

"Kebersamaan ini perlu diperluas lagi, bukan hanya tiga konfederasi saja. Baju boleh beda, tapi isu perburuhan harus bersatu dan kerja sama bersama kritisi pemerintahan Jokowi-JK," ujar dia.

Ia mengaku bahwa saat ini pengaruh pengusaha "hitam" terlihat semakin kuat, termasuk represifnya aparat kepolisian yang menjadikan simbol bahwa aparat pro-pengusaha.

"Inilah alasan kita bersatu bersama. Tak hanya buruh melakukan mogok, tapi mahasiswa juga gelar aksi mogok di kampus-kampus. Kita akan road show di basis pergerakan buruh dan elemen luas ini bersifat jangka panjang," lanjutnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: