Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hipmi: Industri Kreatif Punya Peran Vital dalam Perekonomian Nasional

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyatakan industri kreatif telah banyak memberikan kontribusi serta telah menunjukkan diri sebagai sektor yang vital dalam aktivitas pelaku perekonomian di Indonesia.

"Peranan industri kreatif semakin vital dalam perekonomian nasional," kata Ketua Umum Hipmi DKI Jakarta Rama Datau Gobel di Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Menurut dia, hal itu terindikasi dari ekonomi kreatif yang menempati posisi ketujuh dari 10 sektor ekonomi nasional dengan menyumbang PDB sebesar 6,9 persen atau senilai Rp 573,89 triliun dari total kontribusi ekonomi nasional. Tak hanya itu, ujar Rama Datau Gobel, peranan industri kreatif dalam penciptaan lapangan kerja juga kian strategis karena menempati posisi keempat dari 10 sektor ekonomi dalam kategori jumlah tenaga kerja pada tahun 2012.

"Ekonomi kreatif menyumbang 11.799.568 orang atau 10,65 persen pada total angkatan kerja nasional yang sebesar 110.808.154 orang," katanya.

Ia juga mengatakan usaha di industri kreatif terdiri atas sekitar 10 persen dari total jumlah usaha di Indonesia saat ini dan pada periode 2010-2013 industri kreatif rata-rata dapat menyerap tenaga kerja sekitar 10,6 persen dari total angkatan kerja nasional. Hal tersebut juga dinilai Ketua Umum Hipmi DKI Jakarta karena didorong oleh pertumbuhan jumlah usaha di sektor industri kreatif pada periode tersebut rata-rata sebesar satu persen per tahun.

Untuk itu, Hipmi mengusulkan selain pengusaha pemula, program kredit usaha rakyat (KUR) juga disalurkan secara maksimal ke pengusaha yang bergerak di industri kreatif.

"Nasabah KUR ini sebenarnya sama persis dengan pengusaha kreatif, yakni keduanya tidak punya aset fisik untuk dijaminkan. Pabriknya industri kreatif itu ada di otak pengusahanya," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: