Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga BBM di Malaysia Kembali Turun

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuala Lumpur - Harga eceran bahan bakar minyak (BBM) jenis RON97 dan RON95 di Malaysia turun masing-masing menjadi 2,46 dan 2,26 ringgit per liter, sedangkan harga diesel naik menjadi 2,23 ringgit per liter berlaku mulai pukul 00.01 waktu setempat, Senin (1/12/2014).

Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi, dan Kepenggunaan Malaysia Datuk Seri Hasan Malek mengatakan bahwa berdasarkan perkembangan itu harga RON97 di SPBU turun sembilan sen, RON95 turun empat sen, dan diesel naik tiga sen.

"Harga baru ini hanya akan berlaku selama bulan Desember. Pemerintah akan mengikuti perkembangan pasaran harga produk setiap masa dan kadar kurs mata uang untuk menetapkan harga eceran premium dan diesel untuk bulan-bulan berikutnya," katanya di Kuala Lumpur, Senin (1/12/2014).

Pada 21 November, pemerintah memutuskan penetapan harga eceran untuk premium RON95 dan diesel akan dibuat berdasar sistem pengapungan terkendali mulai 1 Desember. Putusan tersebut merupakan hal sama yang telah digunakan untuk harga eceran RON97 sejak Juli 2010.

Sebelumnya, pemerintah menggunakan sistem automatic price mechanism (APM), yaitu dengan menetapkan harga eceran produk BBM pada satu tingkat tertentu dengan biaya produksi tidak akan mengubah harga eceran. Namun, dengan sistem pengapungan terkendali maka rata-rata perubahan biaya produk akan menentukan penetapan harga untuk bulan berikutnya.

Artinya, jika harga pasaran minyak mentah dunia meningkat maka harga RON97, RON95, dan diesel juga akan meningkat dan begitu pula sebaliknya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: