Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mandiri Salurkan Kredit Rp 415 Miliar ke Metland

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Mandiri memberikan fasilitas kredit kepada Metropolitan Land Group senilai total Rp 415 miliar yang akan digunakan untuk mendukung kebutuhan belanja modal Metland pada 2015 seperti untuk mendukung pembangunan Metropolitan Mall Cileungsi, Bogor.

"Kami berharap dukungan kami dapat membantu Metland dalam meningkatkan kapasitas bisnisnya sehingga proyek-proyek properti yang dikembangkan oleh perseroan dapat memberikan nilai tambah yang lebih baik bagi perekonomian nasional," kata Director Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok di Jakarta, Senin (1/12/2014).

Fasilitas kredit itu sendiri akan dialokasikan kepada PT Metropolitan Land Tbk (Metland) senilai Rp 150 miliar berupa pinjaman transaksi khusus dan tambahan kredit modal kerja senilai Rp 100 miliar. Dengan penambahan limit fasilitas kredit modal kerja tersebut maka total kredit modal kerja yang disiapkan Bank Mandiri untuk Metland menjadi Rp 300 miliar.

Selain itu, alokasi kredit juga diberikan kepada anak usaha Metland, yaitu PT Metropolitan Karyadeka Development (MKD), dalam bentuk pinjaman transaksi khusus senilai Rp 140 miliar dan kredit modal kerja Rp 25 miliar. Pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung pembangunan kawasan residen Metland West City di Cipondoh, Tangerang.

Fransisca menuturkan fasilitas kredit tersebut merupakan salah satu realisasi komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan bisnis Metland. Selama ini pihaknya telah bekerja sama dengan Metland untuk mendukung proyek-proyek residensial maupun komersial.

"Sektor properti, lanjut Fransisca, merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi tumbuh yang sangat baik di masa datang seiring kebutuhan properti yang terus meningkat," ujar Fransisca.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hingga September 2014 kredit yang disalurkan Bank Mandiri ke sektor properti dan juga konstruksi telah mencapai Rp 16,34 triliun atau meningkat 38,23 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Khusus untuk sektor properti, kucuran kredit Bank Mandiri telah mencapai Rp 8,23 triliun atau naik 31,13 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Fransisca menjelaskan bahwa selain memberikan fasilitas kredit, Bank Mandiri juga menandatangani kerja sama KPR dengan Metland dan MKD untuk mendukung proyek residence Metland West City.

Sementara itu, Direktur Utama Metland Group Nanda Widya mengemukakan pemancangan tiang pertama Metropolitan Mall Cileungsi telah dilakukan pada Agustus 2014. Pusat perbelanjaan ini berada di kawasan residensial Metland Transyogi. Beberapa proyek masih dalam penyelesaian di antaranya adalah M-Gold Tower, gedung apartemen dan perkantoran strata di Bekasi, penambahan sebanyak 102 kamar, serta fasilitas di Hotel Horison Bekasi.

"Secara bertahap unit M Gold Tower telah diserahterimakan kepada pembeli. Fasilitas restoran di Hotel Horison Bekasi diberi nama MetSky Dine & Lounge sudah dibuka untuk umum dan menjadi wajah baru Kota Bekasi," ujar Nanda. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: