Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Pergantian Tahun, Kecuali Cabai Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel memastikan stok pasar untuk bahan pangan menjelang akhir tahun 2014 relatif stabil. Namun, diakuinya, masih ada kenaikan harga beberapa bahan pangan sebagaimana biasa terjadi menjelang natal, akhir tahun, juga hari lebaran.

"Yang paling tinggi kenaikan harganya adalah komoditas cabai karena disebabkan oleh faktor supply. Tetapi, menurut informasi, di daerah Aceh dan Jawa Tengah sudah mulai panen cabai dan itu nanti bisa mengatasi masalah stok cabai di pasar," kata Rachmat Gobel di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Ia menambahkan bahwa menjelang akhir tahun ini potensi inflasi yang paling tinggi adalah untuk komoditas cabai dan beras. Untuk menghindari agar harga tidak terlalu tinggi, menurut Mendag, akan dilakukan operasi pasar sebanyak 100-200 ribu ton.

Untuk ketersediaan pasokan cabai, Mendag mengatakan pihaknya akan mendorong Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perindustrian untuk bisa mengelola bahan mentah cabai agar bisa menekan jumlah permintaan lebih sedikit untuk cabai.

"Seperti industri kecil dan menengah untuk membuat sambal nusantara dari Sabang sampai Merauke itu rasa berbeda-beda. Jadi, kita tidak setiap tahun terlalu pusing pengadaan supply cabai. Justru harus kita dorong industrinya dan petani-petani untuk menggunakan teknologi supaya hasil produksinya bisa bertahan selama setahun seperti pengaruh cuaca," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: