Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Proyeksi BI: Prospek Ekonomi RI 2015 akan Membaik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Meskipun berada di tengah ketidakpastian ekonomi global, namun prospek ekonomi Indonesia diyakini akan membaik pada tahun 2015. Hal itu diungkapkan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hendar saat menghadiri seminar nasioal bertajuk Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2015 di Gedung BI, Jakarta, Kamis (4/12/2014).

"Pertumbuhan ekonomi di 2015 diprediksi akan berada pada kisaran 5,4-5,5%. Namun, jika realokasi subsidi BBM sudah diimplementasikan maka proyeksi pertumbuhan ekonomi 2015 akan lebih mendekati batas asas kisaran," kata Hendar.

Selain itu, di tahun 2015 BI juga memprediksi permintaan domestik akan meningkat dan kinerja ekspor membaik seiring dengan perbaikan yang terjadi di tataran ekonomi global.

"Namun, seiring dengan kinerja perekonomian, kinerja transaksi berjalan diperkirakan akan juga membaik yang dipicu dari meningkatnya surplus neraca nonmigas. Hal ini dikarenakan moderasi permintaan domestik dan pulihnya ekspor mineral serta peningkatan ekspor manufaktur," tambahnya.

Sementara untuk impor nonmigas, BI memperkirakan akan menurun sejalan dengan penurunan harga minyak dunia. Dengan kondisi di atas, angka current account deficit 2015 diharapkan dapat mengarah ke level yang lebih sehat, yaitu di bawah 3%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: