Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kurangi Impor Gula, JK Perintahkan Buat Pabrik Baru

Warta Ekonomi -

WE Online, Sragen - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pembangunan pabrik gula baru sebagai upaya paling tepat untuk meningkatkan rendemen dan produktivitas perkebunan.

"Bikin pabrik baru, tidak ada cara lain," kata Wapres Jusuf Kalla saat mengunjungi Pabrik Gula Mojo, PT Perkebunan Nusantara IX Divisi Tanaman Semusim, di Sragen, Jumat (5/12/2014).

Dalam kunjungan tersebut, Wapres JK banyak mendapat laporan antara lain tentang turunnya jumlah produksi dan harga patokan petani. Menurutnya, langkah menaikkan harga hanya akan mempersubur penyelundupan.

"Ini dua solusi yang baik. Pertama, rendemen naikkan. Kedua produktivitas kebun naikkan. Kita harus punya program 110, yaitu 100 ton per hektar dan 10 persen rendemen. Kita harus jalankan ini," katanya.

Cara mewujudkannya, kata JK, adalah membangun pabrik baru. Ia menjelaskan tentang tujuan pembangunan pabrik gula baru itu, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemandirian gula. "Kemandiriannya bahwa kita mengurangi impor gula kemudian menaikkan pendapatan petani," katanya.

Oleh karena ini, katanya, pemerintah berencana untuk membangun 10 pabrik gula baru di Pulau Jawa guna meningkatkan produktivitas dan menekan biaya produksi. "Bangun 10 pabrik baru di Pulau Jawa dan salah satunya di Sragen ini agar tercapai swasembada gula," katanya.

Wapres berharap bahwa dalam dua tahun pembangunan 10 pabrik gula baru tersebut bisa tercapai. Dalam kunjungan tersebut, Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: