Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertanian Itu Sektor yang Menggairahkan

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Pengamat masalah pertanian di Bali, Gede Sedana, mengingatkan komponen pariwisata dan pengelola perusahaan yang memanfaatkan air di tingkat sumber air dapat berperan serta mendorong kegiatan pertanian.

"Peran serta itu sangat penting untuk menjamin kelestarian subak. Jangan sampai organisasi pengairan tradisional bidang pertanian itu dieksploitasi untuk kepentingan ekonomis semata," kata Gede Sedana yang juga Dekan Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra di Denpasar, Jumat (5/12/2014).

Ia mengajak semua pihak untuk mewujudkan rasa kasih sayang kepada petani subak yang telah ikut menyelamatkan ekosistem alam Bali.

"Kasih sayang tersebut selanjutnya akan mampu secara perlahan mengubah citra bahwa sektor pertanian akan selalu menggairahkan, khususnya bagi generasi muda," kata Gede Sedana.

Hal itu penting mengingat pembangunan di luar sektor pertanian sering kali menyudutkan petani ke tempat yang terpinggirkan. Oleh sebab itu, dukungan yang kuat dari Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum melalui pembangunan sektor pengairannya diharapkan terus dapat ditingkatkan disertai dengan upaya instansi terkait lainnya.

Petugas penyuluh lapangan (PPL) Dinas Pertanian bekerja keras mengintroduksi dan mengembangkan teknologi pertanian untuk meningkatkan produktivitas dengan dukungan irigasi pengairan yang teratur. Dengan demikian, petani diharapkan mampu meningkatkan produksi gabah dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Namun, petani saat mampu menghasilkan produksi menghadapi kondisi dengan tingkat harga gabah yang belum menjamin kehidupan petani. "Oleh sebab itu, petani perlu mendapat pendampingan untuk menjadi lebih berdaya," ujar Gede Sedana. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: