Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Menuju Era Internet Generasi Keempat (Bagian II)

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dalam beberapa waktu terakhir internet lambat menjadi isu yang paling banyak diperbincangkan pada sektor komunikasi dan informatika di Tanah Air.

Kondisi itulah yang kemudian menjadi salah satu fokus kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam lima tahun ke depan.

Rudiantara memperkirakan bahwa sampai pertengahan 2015 teknologi 4G-LTE sudah mulai ramai dan populer di mana operator telekomunikasi juga mulai membangun infrastrukturnya. Pihaknya akan memberikan izin operator seluler untuk memanfaatkan teknologi netral yang memungkinkan para operator menggelar dua teknologi jaringan dalam satu rentang frekuensi yang dimiliki oleh operator, misalnya 3G dan 4G sekaligus.

Saat ini pihaknya juga sedang menggodok rencana untuk menetapkan standar pelayanan dalam industri telekomunikasi agar mulai fokus pada kenyamanan konsumen.

Sejumlah operator telekomunikasi menyatakan jaringannya telah siap untuk penyelenggaraan jaringan internet mobile generasi keempat 4G-LTE, misalnya saja Telkomsel, Indosat, dan XL yang siap menggelar jaringan dan layanan berteknologi generasi keempat 4G-LTE pada tahun ini. Ketiga operator GSM itu bahkan sudah menyiapkan BTS 4G sehingga begitu izin Kemkominfo terbit maka ketiga operator itu bisa langsung memasarkan layanan 4G LTE.

Presiden Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan bahwa secara umum kesiapan perangkat 4G di BTS-BTS Indosat sudah siap untuk diaktifkan. Namun, Indosat masih menunggu sertifikasi ULO dari pemerintah untuk diluncurkan bersama-sama dengan operator lain.

"Kami akan launch bersama-sama dengan operator lain sesuai dengan permintaan pemerintah," kata Alexander Rusli.

Menurut Alexander, untuk tahap pertama pihaknya tidak bisa menjanjikan bahwa kecepatan akses internet yang akan dinikmati sesuai dengan ekspektasi masyarakat mengingat pita frekuensi yang digunakan hanya lima MHz.

Sementara itu, Vice President Coorporate Communication PT XL Axiata Tbk Turina Farouk mengungkapkan penerapan 4G di frekuensi 900 MHz sudah matang dan siap untuk diluncurkan sehingga tidak perlu tahap uji coba di frekuensi 900 MHz. Namun, Turina enggan menyebut wilayah mana saja yang terlebih dahulu menikmati 4G LTE di frekuensi 900 Mhz secara komersial.

"Kalau di 900 Mhz, kita sudah siap komersial tidak perlu uji coba lagi. Jika dalam waktu dekat sudah dapat sertifikasi ULO kami bisa langsung jualan. Tidak perlu trial lagi," kata Turina.

Terkait uji coba konektivitas 4G pada frekuensi 1800 MHz, Turina mengatakan XL mendapat perpanjangan trial hingga Maret 2015. Uji coba jaringan 4G LTE pada frekuensi 1800 MHz mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya target 1.000 SIM card 4G yang telah berhasil diaktivasi.

Beberapa titik uji coba yang diterapkan XL adalah di kisaran wilayah Senayan City, Central Park, dan Kota Casablanca Jakarta.

"Uji coba jaringan 4G sebenarnya berakhir di awal Desember ini, namun sekarang diperpanjang hingga Maret 2015," kata Turina.

Sementara itu, Telkomsel kabarnya telah menyiapkan 110 BTS 4G yang siap diaktifkan bila sudah ada lampu hijau dari pemerintah. Seluruh BTS 4G yang 110 unit itu hanya di Jakarta, belum termasuk jumlah BTS 4G yang ada di Bali.

Dirut Telkomsel Alex J Sinaga selalu mengatakan Telkomsel sangat siap untuk segera menggelar jaringan dan layanan 4G LTE. "Ini bukan hanya untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik juga untuk makin memantapkan kepemimpinan Telkomsel dalam industri telekomunikasi di Tanah Air," katanya.

Operator Kartu Halo, Simpati, Kartu As, dan Loop ini sudah melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G LTE pada 2010 di Jakarta dan pada 2013 di Bali. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: