Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Luncurkan Layanan Komersial Mobile 4G LTE

Warta Ekonomi -

WE Online - Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia guna memenuhi kebutuhan pelanggan termauk di Sumatera Selatan.

"Kami menghadirkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersial yang benar-benar bisa dinikmati masyarakat," kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga melalui releasenya diterima Antara di Palembang, Senin.

Menurut dia, hadirnya teknologi selular generasi keempat ini menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G, sekaligus merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobile broadband terus meningkat.

Layanan ini akan memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, dimana sekarang semakin banyak pelanggan mengakses rich content melalui smartphone-nya, katanya.

Ia menyatakan, hadirnya Telkomsel 4G LTE diharapkan akan mampu mengakselerasi pertumbuhan Indonesia di berbagai bidang, sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia di era yang baru ini.

Ketersediaan 4G LTE bagi Indonesia dapat membuka dan mempercepat akses terhadap lebih banyak lagi informasi, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membentuk gaya hidup digital di tanah air dan mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.

Layanan tersebut dipercaya akan memberikan pelanggan kepuasan tersendiri di dalam menikmati berbagai aktivitas yang erat dengan digital lifestyle, seperti akses video streaming dan musik dengan kualitas lebih baik dan waktu tunggu cepat, serta menikmati game online tanpa adanya delay dengan kualitas gambar HD (High Definition).

Selain itu download/upload file juga dapat dilakukan lebih cepat, melakukan video conference dengan kualitas koneksi dan gambar yang lebih jernih, dan mengakses data di cloud dengan lebih cepat, ujarnya.

Ia menuturkan, untuk tahap awal dengan lebih dari 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali.

Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur antara lain Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M.

Sedangkan untuk jaringan beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka dan lainnya.

Sedangkan di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90 persen wilayah kota Denpasar yakni di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80 persen wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu.

Untuk jaringan indoor terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro, jelasnya.

Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama berada di indoor.

Telkomsel 4G LTE juga seamless dengan Telkomsel 3G sehingga apabila pelanggan keluar dari coverage 4G LTE, maka layanan tidak akan terputus dan secara otomatis akan dilayani dengan coverage Telkomsel 3G.

Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang telah dila Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang telah dilayani oleh jaringan 4G LTE, Telkomsel membuat peta interaktif yang dapat dilihat di micrositewww.telkomsel.com/4G-LTE.

Ia menegaskan, ke depannya secara bertahap pihaknya akan kembangkan ke berbagai lokasi khususnya di kota-kota besar lainnya.

"Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G LTE hingga ke 22 provinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini," katanya.

Ia menyatakan, kelebihan dari layanan Telkomsel 4G LTE adalah pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut tanpa tambahan biaya untuk menikmati 4G LTE.

Untuk menikmati layanan content 4G LTE, pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel, tuturnya.

"Kami juga ingin memastikan para pelanggan untuk mendapatkan pengalamanan mobile internet terbaik dengan akses tercepat ketika berada di luar negeri," jelasnya.

Ke depannya, para pelanggan 4G LTE Telkomsel akan dapat menikmati layanan roaming yang lebih baik dan lebih luas, seiring dengan upaya pihaknya untuk memperluas layanan ini ke berbagai negara lain seperti Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, Arab Saudi dan lainnya, katanya.(Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: